Tampak api membakar rumah Rostiam, warga jorong Dalimo, nagari Singkarak dilalap sijago merah pada Selasa petang (19/1) sekitar jam 15.35 WIB dan dalam waktu sekejap rumah tersebutrata dengan tanah.

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Meski pada musim penghujan, namun di Kabupaten Solok masih terjadi kebakaran yang menimpa rumah milik Obom alias Rostiam (69) tepatnya di Jorong Dalimo, kenagari Singkarak, Kabupaten Solok. 

Peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 15.35 WIB Selasa petang (19/1). Dugaan sementara, kebakaran disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik. Menurut salah seorang masyarakat setempat, Zul Muncak, meski waktu peristiwa kebakaran masyarakat sudah menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan beberapa saat kemudian tiga unit Damkar datang ke lokasi, namun api lebih cepat menghanguskan rumah milik Obom dan isinya yang terbuat dari bahan kayu tersebut. “Dalam waktu sekejap, rumah milik Obom hangus dan rata dengan tanah,” tutur Zul Muncak. Ditambahkan Zul Muncak, sewaktu kejadian, masyarakat sudah bahu membahu mencoba melakukan pemadaman secara manual, namun api jauh lebih sigap membakar rumah tersebut, sehingga rumah tersebut tidak bisa diselamtkan lagi.

Selain masyarakat setempat dan pihak Damkar yang didatangkan dari Sumani, tampak ikut memadamkan api adalah mantan Kapolsek Singkarak yang saat ini menjabat sebagai Kabag Ops Polresta Solok, AKP Poniman yang dibantu masyarakat setempat ikut memadamkan api. Sesuai informasi yang dihimpun dari TKP, saat kebakaran terjadi, pemilik rumah yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang sate ini, tidak sedang berada di rumah. Meski masyarakat setempat sudah berupaya memadamkan api, namun rumah nenek tua ini tidak bisa diselamatkan. Masih beruntung api tidak menjalar ke rumah warga sekitar. 

Walinagari Singkarak, H. Arman yang juga berada di lokasi menyebutkan, kerugian sementara belum bisa ditaksir danbahkan sampai puluhan juta rupiah, namun pihaknya tetap menghimbau ke masyarakat Singkarak kalu meninggalkan rumah listrik harus dimatikan dan begitu juga dengan api. “Kalau listrik dibiarkan menyala seperti mencolokan pemanas air dan kita meninggalkan rumah dalam waktu lama, sebaiknya colokan tersebut dcabut saja biar aman. Begitu juga dengan yang lainnya,” tutur H. Arman (wandy)

google+

linkedin