Suasana pertemuan awal tahun 2016 Keltan Mungguang Indah penuh kekeluargaan, bertempat di Musalla Darul Aliyah Jaro Batu, Pakan Jum’at, Minggu (24/1)

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Kelompok Tani (Keltan) Mungguang Indah, jorong Pakan Jum’at nagari Jawi-Jawi Guguk, kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, mengawali rapat bulanan sekaligus rapat awal tahun dengan menggelar acara makan bersama. Acara makan bersama yang seklaigus pembukaan pertemuan awal tahun, juga dihadiri oleh PPL Nagari Jawi-Jawi, Reni Rianti, SP, Ketua Keltan, Sofriwandy NR dan seluruh anggota Keltan Mungguang Indah, bertempat di Musalla Darul Aliyah Jaro Batu, Minggu (24/1).

Menurut Sekretrais Keltan Mungguang Indah, Mardianti, tujuan digelar acara makan bersama tersebut adalah untuk meningkatkan tali silaturrahmi yang sudah dekat menjadi lebih dekat. “Kita ingin seluruh anggota Kelompok Tani ini tetap rukun dan bisa menjalankan aktivitas dengan cara kebersamaan, sehingga salah satu caranya adalah dengan sering menggelar pertemuan dan diskusi baik sesama anggota maupun dengan penyuluh pertanian,” tutur Mardianti. 

Dijelaskannya, Keltan Mungguang Indah rutin menggelar acara makan bersama sekali tig bulan dan untuk meningkatkan wawasan, Keltan Mungguang Indah juga melakukan study banding ke daerah lain, seperti Tanah Datar melihat pola tanam padi SRI atau ke Padang Mengatas, Lima Puluh Kota melihat pengembangan ternak Sapi. Keltan Mungguang Indah berjumlah 25 orang dan selalu mengutamakan kebersamaan. 

Selain itu, Keltan ini juga sudah membentuk Koperasi Simpan Pinjam dan juga selalu berkoordinasi dengan Dinas Koperindag dan UMKM Kabupaten Solok. Keltan ini juga sudah sering mengundang pejabat Daerah Kabupaten Solok, seperti Ketua DPRD Kabupaten Solok, Hardinalis Kobal, Kepala Koperindag dan UMKM, Arwendi, Anggota DPRD Sumbar, Ahmad Rius, sH, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Yetty Aswaty Garende dan para pejabat lainnya.

Walinagari Jawi-Jawi, Laswir, juga mendukung penuh keberadaan Keltan ini. Bahkan Walinagari berharap agar Keltan ini bisa menjadi percontohan bagi Keltan lain di Kabupaten Solok. “Kita ingin Keltan Mungguang Indah terus eksis dan bisa menjadi percontohan bagi Keltan lain, baik dalam memupuk rasa kebersamaan maupun solidaritas dalam berkoperasi,” tutur Laswir.  (wandy)

google+

linkedin