BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Pariaman memasang sebuah sistem peringatan dini "pelikan crossing" bagi arus lalu lintas agar meberikan kesempatan pada para pejalan kaki yang akan menyeberang jalan zona aman sekolah di depan SDN 08 Kampung Jawa Pariaman.

Hal itu disampaikan Agustriatman, kepada wartawan Senin (4/1/2016) di Pariaman, untuk memberikan rasa nyaman, keselamatan dan kelancaran dalam berlalu lintas, bagi pejalan kaki.

Agusriatman menuturkan, pemasangan pelican crossing tersebut bertujuan untuk memprioritaskan para pejalan kaki menyeberangi jalan raya. Selain itu, pelican crossing juga memberikan keamanan dan kenyamana setiap pengguna jalan raya yang melintas di daerah tersebut.

“Pelican crossing ini merupakan sistem penyeberangan jalan yang cukup efektif. Orang cukup menekan tombol pelican tersebut, lalu menunggu hingga semua kendaraan berhenti dan dapat menyeberang dengan aman,” kata Agus. 

Selain itu, kata dia, dengan adanya pelican cross juga membantu kaum difabel dalam menyeberang jalan raya.

 “Diharapkan dengan adanya fasilitas ini keselamatan dan kenyamanan masyarakat dalam berlalulintas di Kota Pariaman akan semakin terjaga. Diharapkan kepada semua pengguna jalan untuk menjaga dan merawat fasilitas dengan semestinya," katanya. (amir)

google+

linkedin