BIJAK ONLIE (Pekanbaru)-Kendati jumlah penduduk dan jumlah kendaraan terus bertambah, namun angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kota Pekanbaru menurun. Tahun 2014 terjadi 312 kecelakaan lalin, tahun 2015 turun menjadi 227 kasus (turun 27 persen).

Turunnya angka kecelakaan lalu lintas tersebut menurut Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Zulanda SIK, tidak luput dari kerja keras dari jajaran Sat Lantas Polresta Pekanbaru. Antara lain melakukan razia rutin setiap hari serta melaksanakan pendidikan masyarakat (Dikmas) Lalu Lintas melalui program Road Show Police Education yang melibatkan masyarakat pengguna jalan.

"Selain melakukan razia surat-surat kendaraan dan perlengkapan baik itu saat razia rutin tiap harinya maupun razia operasi kepolisian, kami juga melakukan kegiatan road show di berbagai lokasi wilayah Pekanbaru dengan memberikan edukasi lalu lintas kepada masyarakat yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Kami juga memasang spanduk-spanduk himbauan di lokasi-lokasi yang rawan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas," ujar Kasat Lantas.

Zulanda berharap di tahun-tahun berikutnya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas terus bisa ditekan dan menurun dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat pengguna jalan untuk selalu tertib dan patuh dalam berlalu lintas.

"Kami tak henti-hentinya melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu mengutamakan keselamatan dalam berlalu lintas, baik secara langsung maupun melalui media cetak, elektronik, media sosial seperti website, facebook, twitter, dan lain-lain," tutupnya.(jr01)

google+

linkedin