Tampak kerumunan warga nagari Koto Gadang Guguk dan sekitarnya, menyaksikan peristiwa laka lantas yang mengakibabkan truk tangki pengakut BBM jenis bensin menghantam rumah warga di nagari penghasil alpokat tersebut

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Diduga akibab putus rem, sebuah truk fuso hino Nopol BE 9896 BR  yang sedang membawa makanan ayam, menghantam truk tangki Nopol BA 9209 BC yang sedang melaju kencang di Jalan Lintas Sumatera KM 17 Koto Gadang Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Senin petang (11/1) sekitar jam 18.00 WIB. 

Sebelum menghantam truk tangki, truk Fuso sebelumnya juga sudah menghantam beberapa buah sepeda motor dan mobil lainnya seperti kijang kapsul BA 1466 BC, L 300 BA 8684 HN, sepeeda motor Beat provit, termasuk kendaraan kijang milik Memen (33) warga setempat, hingga mengakibabkan kendaraannya rusak berat.

Menurut Wahyu (25) yang menjadi saksi mata dari kejadian tersebut, truk tangki diduga sudah putus rem semenjak dari kawasan Lubuk Selasih atau sekitar 5 kilo dari tempat dia menghantam truk tangki yang sedang membawa BBM jenis bensin untuk sebuah SPBU. 

“Saya menduga truk fuso itu sudah putus rem sejak dari depan kantor Polres Arosuka di Lubuk Selasih, sebab kendaraannya melaju dengan sangat kencang dan saya persis berada dibelakang truck tersebut,” tutur Wahyu. Namun ketika sampai di kawasan padat penduduk, persisnya di bawah Simpang Tugu, Nagari Koto Gadang Guguk, truk Fuso langsung menghantam bagian belakang truk tangki dan truk tangki terpental ke luar jalan raya sambil menghantam rumah milik Rahmi Hidayat (31) hingga hancur dan rumah milik Yus (40) serta menghantam sebuah kendaraan Avanza yang sedang melaju ke arah Padang. 

Sementara truk fuso putus rem tersebut, baru berhenti di Kubang Ronjong depan Pasar Minggu atau berjarak sekitar 300 meter dari tempat menabrak truk tangki yang sedang menghantam rumah warga.

Akibab peristiwa tersebut, truk tangki yang sedang berisi penuh sekitar 16.000 liter minyak bensin, tumpah ke jalan raya. Sementara dalam sekejap TKP sudah penuh dikerumuni ribuan warga. Tak hayal lagi, Jalan Lintas Sumatera Padang Solok, macet total hingga piluhan klometer.

Kapolres Arosuka Kabupaten Solok, AKBP Reh Ngenana, melalui Kasat Lantas AKP Anggara dan Kanit Lakalantas Amiswal, yang berada di TKP menyebutkan, dugaan sementara kecalakaan disebabkan oleh rem blong dari truk fuso asal Lampung tersebut sehingga mengakibabkan kecelakaan lalulintas yang beruntum. “Saat ini kita sudah mengamankan sopir truk fuso untuk dimintai keterangan lebih lanjut,” tutur AKP Anggara. 

Sementara puluhan ribu minyak bensin tumpah ruah ke jalan raya. Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, masyarakat setempat dilarang mendekat dan merokok. Sementara PLN langsung memadamkan listrik untuk menjaga agar tidak terjadi kebakaran. Sampai berita ini diturunkan, polisi yang dibantu masyarakat setempat masih berusaha mengeluarkan sebuah sepeda motor yang terhimpit truk tangki tersebut (wandy)

google+

linkedin