Ketua DPRD Kabupaten Solok, Hardinalis Kobal, SE, MM,  mulai tanggal 8 Agustus 2016 mendatang akan menunaikan ibadah haji dan Ketua DPRD Kabupaten Solok akan digantikan oleh Kasmudi, SH


BIJAK ONLINE (SOLOK)-Ketua DPRD Kabupaten Solok, Hardinalis Kobal, SE, MM, rencananya tanggal 8 Agustus 2016 mendatang, berangkat ke kota Makkah Almukaramah, untuk menunaikan rukun Islam yang ke-5. Sedangkan DPRD Kabupaten Solok, akan dipimpin oleh Kasmudi Z, SH, yang juga Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Solok.

“Ya, isnya Allah kalau tidak ada aral melintang, rencananya tanggal 8 Agustus besok saya dipanggil untuk menunaikan rukun Islam yang ke-5 ke Baitullah atau rumah Allah di Makkah,” tutur Hardinalis, Jum’at di ruang kerjanya. 

Dengan akan berangkatnya Ketua DPRD Kabupaten Solok ke Makkah, maka otamatis pimpinan DPRD akan diambil alih oleh anggota DPRD lainnya, yang juga berasal dari Partai berlambang pohon beringin tersebut, yakni Kasmudi dan akan menjadi Plt. Ketua DPRD selama dua bulan. “Hal itu sesuai dengan PP Nomor 16 Tahun 2010 tentang pedoman penyusunan peraturan DPRD, tentang Tata Tertib DPRD dan Tatib DPRD Nomor 1 Tahun 2014 pasal 3 berbunyi dimana disebutkan bahwa dalam hal salah seorang pimpinan DPRD berhalangan sementara kurang lebih dari 30 hari, partai politik asal pimpinan DPRD yang berhalangan sementara mengusulkan kepada pimpinan DPRD salah seorang anggota DPRD yang berasal dari partai politik tersebut untuk melaksanakan tugas pimpinan DPRD yang berhalangan sementara,” tutur Hardinalis Kobal. 

Dia juga menyebutkan bahwa sesuai Tatit DPRD Nomor 1 Tahun 2014 itu pasal 2 menyebutkan bahwa jika dalam hal salah seorang pimpinan DPRD berhalangan sementara kurang dari 30hari, maka pimpinan DPRD mengadakan musyawarah untuk menentukan salah satu pimpinan DPRD untuk melaksanakan tugas pimpinan DPRDyang berhalangan sementara sampai dapat melaksanakan tugas kembali.

Sementara itu, Kamudi, Z, SH menyebutkan bahwa dirinya siap menggantikan tugas Ketua DPRD sementara, sampai pimpinan DPRD kembali bisa melaksanakan tugas di DPRD Kabupaten Solok. “Ini adalah amanah dan tanggungjawabnya sangat besar dan harus kita pertanggungjawabkan nanti dunia akherat,” pungkas Kasmudi (wandy)

google+

linkedin