Rektor UNES Prof.Dr.H.Andi Mustari Pide ,S.H melepas 830 Mahasiswa KKN-PPM UNES ditandai dengan pemasangan jaket KKN-PPM kepada perwakilan mahasiswa KKN-PPM tersebut termasuk perwakilan DPL.


BIJAK ONLINE (Padang)-Rektor Universitas Ekasakti Padang Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, S.H, melepas sekitar 830 orang mahasiswanya untuk mengikuti  Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan kepada Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Ekasakti Tahun 2016, Sabtu, 16 Juli 2016, di Auditorium Unes Padang. 

Pelepasan Mahasiswa KKN-PPM ini, ditandai dengan pemasangan Jaket KKN-PPM oleh Rektor UNES Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, S.H. kepada perwakilan Mahasiswa KKN-PPM dan Koordinator Wilayah (Korwil) diwakili DR. Hj. Feby Meuthia Yusuf, M.Pd. Acara ini dihadiri para Wakil Rektor, Dekan, para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Mahasiswa KKN-PPM tahun 2016.

Rektor Universitas Ekasakti Padang dalam sambutannya menyebutkan KKN-PPM merupakan kegiatan untuk mendekatkan diri mahasiswa dengan masyarakat sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang diamanahkan kepada mahasiswa sebagai perwujudan nyata, keterikatan emosional antara dunia kampus dengan masyarakat. Kegiatan ini kata Rektor, bukan hanya semata-mata untuk menyelesaikan kewajiban tuntutan kurikulum yang dibebankan oleh Universitas kepada mahasiswa, sebelum menyelesaikan studi.
Kegiatan KKN-PPM juga merupakan sebuah wahana bagi mahasiswa yang tidak hanya untuk meningkatkan kecerdasan intelektual, tetapi juga kecerdasan emosional dan spiritual. 

Rektor mengharapkan kepada mahasiswa dalam pelaksanaan KKN-PPM nanti mampu memahami dan memberikan solusi terhadap berbagai persoalan riil di tengah masyarakat.
Mahasiswa Universitas Ekasakti memiliki kapasitas yang begitu besar untuk membantu masyarakat, bangsa dan negara, dengan kegiatan KKN-PPM ini mahasiswa UNES bisa menjadi pemimpin yang berkualitas dan memiliki kepekaan serta kedekatan dengan maysarakat, kemudian dapat pula melakukan proses transfer pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh semasa mengikuti perkuliahan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing, sehingga dapat memberikan manfaat dan behasil guna bagi masyarakat.

Melalui KKN-PPM ini, mahasiswa mempunyai kesempatan untuk melakukan pembelajaran dan pemberdayaan kepada masyarakat melalui program yang telah disiapkan sesuai dengan dinamika, karakteristik dan perkembangan masyarakat setempat dan juga menggali potensi yang ada untuk dapat dikembangkan demi kesejahteraan masyarakat, ujar Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, S.H.

Kegiatan KKN-PPM dapat mendorong kepedulian mahasiswa terhadap berbagai persoalan di masyarakat dan menjadikannya sebagai bahan pembelajaran, sehingga mampu menghasilkan pemimpin sedjati ”Dari KKN-PPM ini mahasiswa bisa belajar dari masyarakat dan sebaliknya masyarakat juga bisa belajar dari mahasiswa. Program ini bisa juga dijadikan sebagai pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan hati, di samping mengembangkan kecerdasan otak.

Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, S.H. menekankan kepada mahasiswa KKN-PPM yang akan berhadapan langsung dengan masyarakat, hendaknya dapat menggunakan metode komunikasi yang tepat dan santun sesuai dengan adat istiadat masyarakat setempat. Diharapkan dalam pelaksanaan kegiatan nanti tidak keluar dari koridor aturan dengan memperhatikan rambu-rambu koordinasi dengan pimpinan formal dan informal setempat.

Ketua Panitia Mahasiswa KKN-PPM UNES tahun 2016 Rizal Abu menyebutkan, mahasiswa KKN-PPM Universitas Ekasakti Padang yang akan turun ke lokasi KKN berjumlah 830 orang mahsiswa terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fisipol, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan Fakultas Sastra. Lokasi KKN-PPM tahun 2016 sebanyak 7 Kabupaten / Kota, 8 Kecamatan tersebar di Sumatera Barat, selama dilapangan Mahasiswa dibimbing oleh 40 orang DPL yang akan memberikan arahan dalam penyusunan program maupun kegiatan dilapangan nantinnya.

Menurut Rizal Abu, pelaksanaan KKN-PPM UNES Tahun 2016 terdapat 4 lokasi yang didanai oleh Hibah Dikti Kemenristek yaitu Budidaya Padi Sehat menuju Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani di Pedesaan Kab. Pesisir Selatan; Meningkatkan Pendapatan Petani Kakao dengan aplikasi pupuk organik cair di Lubuk Pandan Kab. Padang Pariaman; Penerapan pertanian terintegrasi untuk peningkatan pendapatan petani dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di Nagari Kasang Kec. Batang Anai Kab. Padang Pariaman; Peningkatan produksi Kakao dengan aplikasi pupuk organik limbah pertanian di Lubuk Pandan Kab. Padang Pariaman. Sedangkan di Kab. Solok dilaksanakan KKN-PPM Tematik “Peraturan Nagari” pada 4 Nagari di Kec. Lembah Gumanti. 

google+

linkedin