Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, berfoto bersama dengan Ketua Forum Peduli Masyarakat Guguk Tigo Nagari, Dusral dan tokoh masyarakat nagari Guguk, Edisar Dt Manti Basa serta pengurus FPMG3N lainnya


BIJAK ONLINE (SOLOK)-Forum Peduli Masyarakat Guguk Tigo Nagari (FPMG3N), rencananya hari Jum’at malam tanggal 29 July 2016 mendatang, akan di kukuhkan oleh Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, bertempat di Gues House, Arosuka.

Ketua Forum Peduli Masyarakat Guguk Tigo Nagari, Dusral Dt Pituan, Selasa (26/7) menyebutkan Bupati Solok yang juga dewan pembina, akan mengukuhkan pengurus Forum Peduli Masyarakat Guguk Tigo Nagari. Tiga Nagari yang ada di Guguak, kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, yakni Nagari Koto Gaek Guguk, Koto Gadang Guguk dan Jawi-Jawi Guguk, menurutnya sudah bertekad untuk memperkokoh persatuan di bawah satu payung yang diberi nama “Forum Peduli Masyarakat Guguk Tigo Nagari”. 

“Kita ingin Forum ini nantinya benar-benar peduli terhadap masyarakat yang kurang mampu, putus sekolah tapi berprestasi akan kita fasilitasi melalui forum ini. Mudah-mudahan setelah forum ini dikukuhkan oleh Bapak Bupati, tim kita langsung bekerja,” terang Dusral.

Forum Peduli Masyarakat Guguk Tigo Nagari tersebut, lahir dan diprakasai oleh tokoh asal nagari Guguk yang juga menjabat sebagai Bupati Solok, yakni H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM bersama tokoh masyarakat nagari Guguk yang juga Ketua KAN Nagari Koto Gadang Guguk, Edisar Dt Manti Basa dan Dusral SE, MM Dt Pituan beserta tokoh masyarakat yang ada di tiga nagari setempat. 

Forum tersebut lahir untuk lebih mempersatukan visi dan misi ketiga nagari setempat yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain, baik harta pusaka, adat istiadat dan juga masalah sosial. Dulu ketiga nagari tersebut, sangat menjunjung tinggi solidaritas dan rasa kegotong royongan. Namun dalam dua puluh tahun terakhir, sesuai perkembangan zaman, para tokoh masyarakat dari nagari di Guguk, melihat bahwa masyarakat dan generasi mudanya sudah mulai hidup secara individual dan lebih disibukan oleh ekonomi. Berangkat dari rasa keprihatinan tersebutlah, para tokoh dan walinagari asal tiga nagari ini sadar dan ingin kembali melihat Guguk jaya dan bersatu dalam satu rasa dan kembali ‘sahilia samudiak dan sairiang sajalan’ serta kebukit sama mendaki dan kelurah sama menurun.

Para tokoh asal Tiga Nagari Guguk tadi, sepakat untuk kembali duduak baropok dan membentuk satu forum yang kemudian diberi nama Forum Peduli Masyarakat Guguk Tigo Nagari. Panitia pembentukan forumpun ditunjuk dan diketuai oleh Yulidasmar. Kemudian tiga nagari ini sepakat untuk menggelar pertemuan yang dilangsungkan pada hari Sabtu tanggal 16 July 2016 bertempat di Masjid Raya Nurul Ubudiyah, Jorong Linjuang Tinggi, Nagari Koto Gaek Guguk, kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Dalam pembentukan Forum  ini, seluruh niniek mamak, KAN, BMN, tokoh pemuda, bundo kandung, cadiak pandai yang ada di tiga nagari Gugukpun diundang, termasuk Bupati Solok, H. Gusmal SE, MM, Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, anggota DPRD Kabupaten Solok asal nagari Guguk, Yetty Aswaty Garende, Walinagari Koto Gaek Guguk, Dusri Harpen, Walinagari Koto Gadang Guguk, Adri dan Walinagari Jawi-Jawi Guguk, Laswir Malin Putih dan para urang sumando nagari Guguk (wandy)

google+

linkedin