BIJAK ONLINE (Padang)-Kejuaraan Daerah Barongsai Sumatera Barat 2016 yang dibuka Gubernur Sumbar, Prof Dr H Irwan Praytino PSi MSc, Minggu, 24  Juli 2016 berlangsung meriah dan sukses, di GOR HTT Kawasan Pondok Kota Padang. 

Sementara gelar juara untuk kategori tradisional diraih Tim Tjoa Kwa. Sedangkan untuk kategori naga, diraih Tim Himpunan Marga LIM.

"Saya senang dan bangga, karena Kejurda Barongsai Sumbar dibuka pak gubernur dan dihadiri juga oleh pak walikota, serta pak Syaiful Plt KONI Sumbar dan pak Budi Syukur," kata Ketua FOBI Sumbar, Iswanto Kwara.

Menurut Iswanto Kwara, dari semua pelaksanaan Kerjuda Barongsai di Sumatera, hanya Kejurda Barongsai Sumbar yang dibuka gubenur. "Kami atas nama pengurus FOBI Sumbar mengucapkan terima kasih pada pak gubenur, yang sangat peduli dan penuh perhatian terhadap olahraga barongsoi," katanya.

Berikut data pemenang kategori Barongsai tradisional, Juara I diraih nomor urut 7, Tjoa Kwa Dragon dan Lion Dance A. Dengan nilai bersih 8,58, Juara II dengan nomor urut 5, HBT A dengan nilai bersih 8,40. Juara III dengan nomor urut 2, diraih Hok Tek Tong setelah menyapu bersih nilai 8,26. Sementara Juara IV nomor urut 3, diraih Tjoa Kwa Dragon dan Lion Dance B dengan perolehan nilai bersih 8,23, kemudian Juara V dengan nomor urut 4 diraih oleh HBT B dengan perolehan nilai 9,90. Lalu, Juara VI dengan nomor urut 6 diraih Himpunan marga Huang dengan perolehan nilai 7,73. Dan, juara 7 dengan nomor urut 1 diraih Barongsai KSI Kota Solok dengan sukses memeroleh nilai 6,21.
Sementara kategori Naga, sebagai Juara I diraih peserta nomor urut 2 dari Himpunan Marga Lim dengan perolehan nilai 8,80. Sementara untuk Juara  II diraih peserta nomor urut 3 yakni HTT dengan perolehan nilai 8.05. Sedangkan Juara III diraih peserta nomor urut 1 yakni dari HBT dengan perolehan nilai 7,65.
Semua jumlah nilai tersebut kata Bidang Humas Kejurda FOBI Sumbar, Tanhar berasal dari juri. Setelah melakukan penjumlahan secara keseluruhan. Untuk sementara ini, katanya, nilai untuk kategori tonggak masih belum bisa dipaparkan.
“Kategori tonggak ada tiga tim. Dan saat ini sedang bermain, nanti akan kita sampaikan kembali ke rekan-rekan media,” ucapnya saat dimintai keterangan. (Indra)

google+

linkedin