Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, didampingi camat Pantai Cermin, Syaiful Anwar, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Solok, Gusnadi, SAg, Amggota DPRD Kabupaten Solok, Harry Pawestrie dan Kapolsek Pantai Cermin, ketika menghadiri sekaligus membuka pameran nagari Surian ke-3 bertempat di Terminal Nagari Surian, Kamis, Juli 2016.


BIJAK ONLINE (SOLOK)-Bupati Solok, H.Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, membuka pameran Nagari Surian ke-3, bertempat di Terminal Surian, Kamis (14/7).

Selain Bupati Gusmal, hadir pada acara tersebut Kasat Satpol PP, Raflis Dt Rajo Pasisie, Kadis Perhubungan, Deddy Permana, Kepala Koperindag dan UMKM Kabupaten Solok, Arwendi, Camat Pantai Cermin, Syaiful Anwar, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Solok, Gusnadi, SAg, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Harry Pawestrie, Kabag Humas, Drs. Syahrial, MM, Wali Nagari Surian, Edi Madrin dan Kepala jorong senagari Surian serta unsur Muspika kecamatan Pantai Cermin.

Walinagari Surian, Edi Madrin dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pameran Nagari Surian ini merupakan yang ke-3 digelar sejak tahun 2004 silam serta diikuti oleh 14 jorong yang ada di surian, Intansi Pemerintah, Swasta, BUMN, BUMD, sluruh sekolah dan juga badan yang ada di nagari paling Selatan Kabupaten Solok tersebut.

 “Tujuan pameran nagari ini selain untuk meningkatkan hubungan keakraban antar sesama jorong dan pemerintah nagari, juga dengan pihak swasta serta bermanfaat untuk mengenalkan hasil produksi jorong masing-masing agar diketahui generasi muda,” tutur Edi Madrin. Selain itu, pameran ini juga didukung oleh perantau Pantai Cermin Sepakat (PCS) yang kebetulan masih banyak yang berada di kampung halaman. Selain pameran yang akan dilaksanakan mulai tanggal 14 hingga tanggal 17 Juli 2016, juga akan menampilkan berbagai lomba, diantaranya lomba pemilihan Uda Uni Nagari Surian tahun 2016, lomba basiba dan baju muslim, lomba pidato antar jorong dan sekolah serta lomba lainnya.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Solok, Gusnadi yang juga putra asli nagari Surian, berharap agar pemerintah nagari terus bersinergis dengan pemerintah kecamatan, pemerintah daerah, anggota DPRD dan para perantau, agar pembangunan nagari cepat berkembang. “Selain itu, dengan adanya pameran ini, akan bisa memperlihatkan hasil produksi  dari masing-masing jorong serta bisa tambah mempererat tali silaturrahmi antar masyarakat di Surian,” sambung  Gusnadi. Dirinya juga berharap agar nagari Surian sebagai gerbang Kabupaten Solok dari arah Selatan, harus tetap terlihat cantik karena orang akan memandang bukan hanya nagari Surian, tetapi adalah wajah Kabupaten Solok.

Bupati Gusmal dalam arahannya waktu membuka pameran nagari Surian yang ke-3 ini menyampaikan apresiasi yang tinggi dan berharap agar pameran ke-4 tahun depan namanya diganti dengan Pameran 4 Pilar Pembangunan Nagari Surian. “Saya memberi apresiasi yang tinggi kepada masyarakat dan pemerintah nagari Surian yang menggelar acara pameran ini secara rutin setiap tahunnya. Dan pameran ini hanya ada satu-satunya di Kabupaten Solok yang diselenggarakan oleh nagari dan bisa menjadi contoh bagi nagari lain,” terang H. Gusmal. Bupati Solok itu juga menyampaikan rasa bangga dan penghargaan yang tinggi kepada para perantau Surian yang tidak melupakan kampunng halaman serta ikut berpartisipasi dalam pameran tersebut.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan vita sebagai tanda pameran nagari Surian ke-3 resmi dibuka (wandy)

google+

linkedin