Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, mengukuhkan pengurus Forum Peduli Masyarakat Guguk Tigo Nagari (FPMG3N), bertempat di Gues House, Arosuka, Kamis malam, 28 Juli 2016. 

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, Kamis malam (28/7), resmi mengukuhkan pengurus Forum Peduli Masyarakat Guguk Tigo Nagari (FPMG3N), bertempat di Gues House, Arosuka. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh pengurus Forum, para Ketua KAN, BMN, niniek mamak dan Tiga Wali nagari di Kenagarian Guguk.

Dalam arahannya, Bupati Gusmal yang merupakan putra nagari Guguk dan bertindak sebagai dewan pembina, berharap agar melalui Forum Peduli Guguk Tiga Nagari itu, Guguk bisa lebih maju dan menjadi pelopor pembangunan bagi nagari lain. 

“Saat ini saya bukan lagi Bupati nagari Guguk, tapi adalah Bupati Solok yang mana di dalamnya terdapat 74 nagari. Jadi tidak mungkin saya semata akan mengurus nagari Guguk saja. Tentu 71 nagari lain akan kecewa. Tapi dengan adanya Forum ini, maka perwakilan mereka bisa menyampaikan saran dan usul apa yang akan kita bangun di nagari. Bukan semua persoalan yang ada di nagari Guguk langsung dilaporkan ke Bupati, mentang-menatang Bupatinya orang Guguk. Jadi melalui forum ini kita di nagari Guguk bisa menyamakan presepsi, saciok bak ayam sadanciang bak basi, Kalau ada saudara kita yang miskim dan tidak mampu, maka melalui forum inilah kita carikan jalan keluarnya,” terang Bupati Gusmal panjang lebar.

Gusmal menilai, karena nagari Guguk masih dinilai tertinggal dari nagari lain, maka dengan adanya Forum ini akan selangkah lebih maju kalau forum ini bekerja sungguh-sungguh dan tidak mencari keuntungan pribadi melalui forum. “Sukses pembangunan bukan hanya dinilai dari fisik saja, tetapi dari segi non fisik yakni pembangunan mental atau agama juga sangat dibutuhkan,” terang Gusmal.

Acara yang dihadiri oleh seluruh pengurus forum, berlangsung hingga malam hari, sambil mendiskusikan langkah-langkah apa yang akan dikerjakan oleh forum, termasuk membuat Perna seragam tiga nagari.

Ketua Forum Peduli Masyarakat Guguk Tigo Nagari, Dusral Dt Pituan, menyebutkan  nahwa tiga Nagari yang ada di Guguak, kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, yakni Nagari Koto Gaek Guguk, Koto Gadang Guguk dan Jawi-Jawi Guguk, menurutnya sudah bertekad untuk memperkokoh persatuan di bawah satu payung yang diberi nama “Forum Peduli Masyarakat Guguk Tigo Nagari”. “Kita ingin Forum ini setelah dilantik bekerja benar-benar dan peduli terhadap masyarakat yang kurang mampu, putus sekolah tapi berprestasi akan kita fasilitasi melalui forum ini,” terang Dusral.

Forum Peduli Masyarakat Guguk Tigo Nagari tersebut, lahir dan diprakasai oleh tokoh asal nagari Guguk yang juga menjabat sebagai Bupati Solok, yakni H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM bersama tokoh masyarakat nagari Guguk yang juga Ketua KAN Nagari Koto Gadang Guguk, Edisar Dt Manti Basa dan Dusral SE, MM Dt Pituan beserta tokoh masyarakat yang ada di tiga nagari setempat. Forum tersebut lahir untuk lebih mempersatukan visi dan misi ketiga nagari setempat yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain, baik harta pusaka, adat istiadat dan juga masalah sosial. 

Dulu ketiga nagari tersebut, sangat menjunjung tinggi solidaritas dan rasa kegotong royongan. Namun dalam dua puluh tahun terakhir, sesuai perkembangan zaman, para tokoh masyarakat dari nagari di Guguk, melihat bahwa masyarakat dan generasi mudanya sudah mulai hidup secara individual dan lebih disibukan oleh ekonomi. Berangkat dari rasa keprihatinan tersebutlah, para tokoh dan walinagari asal tiga nagari ini sadar dan ingin kembali melihat Guguk jaya dan bersatu dalam satu rasa dan kembali ‘sahilia samudiak dan sairiang sajalan’ serta kebukit sama mendaki dan kelurah sama menurun (wandy)

google+

linkedin