BIJAKONLINE-Walikota Tangerang Selatan, Airin Rahmi Diyani terpilih menjadi ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) periode 2016 – 2020 pada Musyawarah Nasional (Munas) V di Ratu Concention Center (RCC), Kota Jambi, Kamis (28/7). Airin menyisihkan calon kuat Ketua Dewan Pengurus Apeksi lainnya.

Airin menggantikan Ketua Dewan Pengurus Apeksi 2012 – 2016, Walikota Manado, Vikcy Lumentut. Selama memimpin Apeksi empat tahun ke depan, Airin didampingi lima wakil ketua. Pemilihan Dewan Pengurus Apeksi 2016 -2020 dilaksanakan secara musyawarah – mufakat oleh tujuh orang anggota tim formatur.

Usai dilantik dan menerima bendera pataka, Airin disalami seluruh walikota se-Indonesia. Termasuk Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo yang ikut menyalaminya. Dengan cukup hangat, jabatan tangan tanda selamat dari Mahyeldi diterima dan digenggamnya. "Terimakasih Pak Wali," ucap Airin menyambut salam dari Walikota Padang.

Sementara itu Airin Rahmi pada kesempatan tersebut berjanji mengemban tugas membawa Apeksi menjadi motor pembangunan kota di Indonesia. Apeksi akan membangun kerja sama yang baik antar pemerintahan kota se-Indonesia untuk meningkatkan pembangunan perkotaan dan kesejahteraan masyarakat kota.
 
“Apeksi pada hakikatnya dibentuk untuk meningkatkan pembangunan perkotaan demi terciptanya kesejahteraan masyarakat kota. Tujuan tersebut akan tetap menjadi patron pembangunan perkotaan di masa mendatang. Saya mengharapkan seluruh pemerintah kota di Indonesia mendukung program pembangunan perkotaan Apeksi di masa mendatang,” cecarnya.

Tempat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Apeksi tahun 2017 sudah juga ditetapkan hari itu juga. Rakernas akan dilaksanakan di Kota Malang. Pelaksanaan Rakernas Apeksi di Kota Malang nanti diharapkan dapat dijadikan momentum memperjuangkan harapan kota di seluruh Indonesia terhadap pemerintah pusat.
Berikut nama pengurus dewan Apeksi 2016 hingga 2020;

Terpilih menjadi Ketua Apeksi AirinWali Kota Tangerang Selatan.

Dewan pengawas:
Ketua Dewan pengawas ketua Vicky Lumentut Wali kota Manado

Anggota :
 Bima Arya Wali kota Bogor. Sofyan raga Wako Tarakan. Irwansyah Wako pangkal pinang, Idham Wako Binjai.  Taufan Pawe Wako Pare pare, M Anton Wako Malang

Dewan pengurus :
Ketua Airin Rachmi Diany Wako Tangsel, Wakil ketua kesra dan perkotaan, Burhan Wako Ternate
Pemerintah dan otonomi. Hape sulmi Edin Wako Medan

Ekonomi dan keuangan : Wako Balikpapan Rakhmad Mas'ud, Wako bidang Pembangunan
Syarif Fasha Wali Kota Jambi, Informasi advokasi dan hukum, Mohamad Muraz Wako Sukabumi

Kerjasama :
Junas Wako Kupang, Bendahara Wali kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal
Direktur Sarimiun Hadisaputra.
(tf/ch)

google+

linkedin