BIJAK ONLINE (Padang)-Batalyon Infanteri 133 atau Yudha Sakti atau Yonif 133, ternyata tak hanya sebagai Batalyon yang sigap angkat senjata, tapi juga memiliki Tim Dragon Boat yang telah berhasil meloloskan diri ke babak final di hari pertama International Dragon Boat Festival ke-14, yang dilaksanakan di Tapi Bandabakali, Kelurahan Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Kamis, 28 Juli 2016.

Tiga tim dayung lainnya yang lolos ke final, Kolintamil Jakarta, Yon Marhanlan dan Lantamal II Padang. Lomba dragon boat antar kesatuan ini diikuti 12 tim.


Meski pembukaannya Jumat (29/7) besok, namun pertandingan babak penyisihan Festival Dragon Boat Internasional 2016 di banjir kanal GOR H Agus Salim Padang telah dimulai. 
Sementara tim tamu terus berdatangan dan disambut langsung Kadispora Padang,


Berdasarkan catatan Tabloid Bijak, Tim Dragonboat Yonif 133 ini juga pernah tampil bertanding di kancah Nasional atau Internasional, baik membela Kesatuan, Kota Padang, Sumbar ataupun Indonesia seperti yang dilakoninya ketika bertanding di kejuaraan Dunia antar Klub/ Club Crew World Championship (CCWC) di Penang Malaysia tahun 2008 yakni meraih peringkat 4 besar Dunia nomor 2000 meter Open dan Putrajaya Dragonboat International di Kualalumpur 2009 dengan hasil meraih medali Emas nomor Mix 12 orang Pendayung. 

Terakhir di Kejuaraan Internasional Dragonboat yang berlangsung di Melaka Malaysia pada Juni 2011 lalu, Tim Yonif 133/YS berhasil menjadi juara 2 Kelas Internasional. Di kancah Regional, Yonif 133 YS meraih prestasi yang lumayan bagus. Tercatat Tim ini meraih juara 1 Kelas Internasional 2007 di Padang, Juara 1 dan 2 Antar Kesatuan TNI POLRI tahun 2008 dan 2009, membawa tim Sumbar meraih Juara Umum Kejurnas Dayung Tradisional di Padang, Juara 2 Sriwijaya Dragonboat di Palembang tahun 2008 serta Semifinalis Dragonboat di Cilacap dan Batam pada tahun 2009 yang lalu. (Alfauzi)

google+

linkedin