BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)--Sebanyak 43 orang anak yatim,  piatu dan yatim  menerima santunan yang disalurkan Yayasan ZISYAFAMID SINTOGA. Masing-masing anak menerima santunan sebesar Rp 150.000, semuanya berstatus pelajar tingkat SD, SMP dan SMA/SMK.

Ketua Yayasan ZISYAFAMID SINTOGA Zeki Aliwardana mengungkapkan hal itu pada penyerahan santunan dan syukuran dari Rabaina di Korong Palembayan, Nagari Sintuak Kecamatan Sintuak Toboh Gadang Kabupaten Padangpariaman, Rabu (20/7/2016).
 Menurut Zeki anak yatim yang disantuni tersebut berasal dari 9 korong di Nagari Sintuak dan Kampung Ladang, tetangga Korong Palembayan. Masing-masing korong diberikan santunan kepada  4 orang anak yatim.  

“Penyaluran santunan ini merupakan yang kedua kalinya. Pertama kali diselenggarakan pada Februari 2015 lalu yang diberikan kepada 30 anak. Alhamdulillah, tahun ini ada peningkatan,” kata Zeki didampingi Sekretarisnya Dalisna.

“Kepada anak-anak yang menerima santunan, kita berharap santunan yang diterima dapat membantu biaya pendidikannya. Kita mengingatkan jangan digunakan untuk membeli pulsa, atau ke hal-hal yang tidak mendukung proses belajar si anak. Kalau bisa gunakanlah pembeli buku, atau keperluan sekolah lainnya,” kata Zeki, mantan Sekretaris PMII Kota Pariaman.

Menurut Zeki Aliwardana,   ZISYAFAMID SINTOGA singkatan dari Zakat, Infak dan Sadaqah untuk  Yatim, Fakir Miskin dan Dhuafa Sintuak Toboh Gadang. Yayasan ini  bertujuan antara lain menghimpun, menggalang dan mengumpulkan dana dari kaum muslimin berupa zakat, infak dan sadaqah lainnya. Kemudian mendistribusikan, menyalurkan dan membagikan dana yang dihimpun kepada para anak yatim, fakir miskin dan kaum dhuafa lainnya.

Walinagari Sintuak Anasril Nazar dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Zisyafamid Sintoga yang memberikan perhatian terhadap anak-anak yatim. Namun, hendaknya dapat diperluas santunan yang diberikan, yakni kepada anak-anak miskin lainnya. Sebab, ada anak yatim dari keluarga yang berkecukupan.
Disisi lain ada pula anak tidak yatim,  tapi dari keluarga sangat miskin yang membutuhkan biaya sekolah. Kiranya, ke depan anak kategori ini juga mendapatkan perhatian.

“Dengan adanya Zisyafamid ini,  Pemerintahan Nagari Sintuak siap memberikan dukungan untuk kemajuan masyarakat Nagari Sintuak. Apa yang dilakukan dengan memberikan santunan ini, menunjukkan kepedulian terhadap pendidikan anak-anak nagari. Kepada masyarakat pun diminta untuk selalu memperhatikan pendidikan anak dan kemenakan,” katanya.
Penyerahan santunan secara simbolis oleh Walinagari Sintuak Anasril Nazar kepada anak yatim, disaksikan oleh Ketua Zisyafamid Zeki Aliwardana, Pendiri Zisyafamid Armaidi Tanjung, dan yang memberikan santunan Rabaina. (at/amir)

google+

linkedin