BIJAK ONLINE (Padang)-Sebagai pangulu Suku Sikumbang, Yohanes Tamin menyampaikan rasa tersinggungnya dengan tuduhan ninik mamak yang telah menggadaikan Nagari Kubang kepada investor PT Tambang Mineral Andalas.

"Tolong buktikan, apo kami telah menggadaikan nagari dan tuduhan menjua nagari itu telah mencemarkan nama baik kami sebagai ninik mamak di Nagara Kubang," kata Yohanes Thamin ketika menghadiri rapat Nagari Kubang membahas masalah perpanjangan rekomendari PT Tambang Mineral Andalas, di Masjid Raya Kubang Baitunnur, Sabtu, 30 Januari 2016.

Menurut Yohanes Thamin, dirinya dan ninik mamak atau para pengulu yang berenam di Nagari Kubang tak ada sedikit pun bermaksud menggadaikan nagari sebagaimana yang dituduhkan. "Kami ikut menandatangani rekomendasi proses awal PT Tambang Mineral Andalas, semata-mata ingin membuka lapangan pekerjaan kepada anak nagari, jika PT Tambang Mineral Andalas telah melakukan penambangan," katanya.

Kemudian, kata Yohanes, diminta kepada anak nagari jangan asal main tuduh dengan perkataan yang bisa melukai hati para ninik mamak atau para pangulu yang berenam di Nagari Kubang. "Saya sebanrnya bisa saja membawa persoalan pencemaran nama baik ini ke polisi, tapi saya tak mau karena yang akan dilaporkan anak kemenakan juga. Untuk itu, tolong jangan menuduh kami dengan perkataan menggadaikan nagari," tambahnya. (PRB)  

google+

linkedin