Tampak Pj Bupati Solok, Devi Kurnia,SH, saat melakukan pemilihan di TPS 05 Jorong Suykarami, Nagari Koto Gaek Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, tepatnya di SD Negeri 20 Gunung Talang


BIJAK ONLINE (SOLOK)-Bupati Solok dengan Nomor urut 1, Gusmal Dt Rajo Lelo yang berpasangan dengan Yulfadri Nurdin, berdasarkan quick count atau hitungan cepat unggul di 50 nagari, pada  pelaksanaan Pilkada Kabupaten Solok yang digelar serentak tanggal 9 Desember 2015.


 “Saya sudah pantau di beberapa nagari, ternyata pasangan Nomor urut 1 Gusmal-yulfadri Nurdin unggul hampir di 60 nagari,” tutur Ketua LKAAM Kabupaten Solok, H. Syafri Dt Siri Marajo.

Sesuai pantauan di beberapa TPS  di beberapa nagari di Kabupaten Solok, pasangan Gusmal-Yulfadri unggul diatas dua pasangan lain seperti pasangan Nomor urut 2, Agus Syahdeman-Wahidup dan pasangan calon Bupati Nomor urut 3. Desra Ediwandan Ir. Bachtul. Gusmal datang untuk memberikan suara atau hak pilihnya pada TPS 12 yang terletak di jorong Pasa Usang nagari Koto Gadang Guguk kecamatan Gunung Talang, bersama isteri dan keluarganya.

Sementara Agus Syahdeman memilih di TPS 8 nagari Talang dan Desra Ediwan di TPS Alahan Panjang. Di TPS 2 Kayu Aro nagari Batang Barus misalnya, pasangan Gusmal-Yulfadri unggul 111, Nomor urut 2 Agus Syahdeman-Wahidup, 66 suara dan pasangan nomor urut 106. Sementara untuk nagari Singkarak, dari jumlah pemilih yang terdaftar sebanyak 3439 pemilih, pasangan Gusmal mendapatkan suara 1084, Nomor urut 2 sebanyak 256 suara dan pasangan urut 3 sebanyak 341 suara. Sekitar 51 persen tidak datang ke TPS atau tidak menggunakan hak suaranya.

“Saya menilai KPU gagal dalam mensosialisasikan Pilkada ini ke masyarakat,” tutur Walinagari Singkarak, H. Arman, Rabu (9/12). Di TPS 26 Sungai Nanam, Gusmal unggul 146, sementara Agus Syahdeman mendapatkan suara 46 dan pasangan Desra-Bachtul mendapatkan suara 79 dari 267 pemilih yang terdaftar di TPS tersebut. Begitu juga dengan TPS di jorong Sapan Sungai Nanam, Gusmal unggul 167 suara, Agus Syahdeman mendapatkian 52 suara dan Desra-Bachtul meraih 74 suara.

Di TPS 8 Talang yang merupakan tempat Agus Syahdeman menyalurkan suara, pasangan Agus Syahdeman unggul 143, Gusmal mendapatkan suara 85 dan Desra-Bachtul mendapatkan 41 suara. Sementara di TPS 7 Talang, Gusmal unggul dari pasangan lain yakni mendapatkan 74 suara, Agus Syahdeman 63 suara dan Desra Bachtul 68 suara. TPS 3 Pakan Jum’at nagari Jawi-Jawi Guguk, Gusaml-Yulfadri mendapatkan suara 150 suara, Agus Syahdeman 11 suara dan Desra-Bachtul 24 suara.
           
Berdasarkan informasi sementara, Gusmal unggul di beberpa nagari seperti nagari Koto Gadang Guguk, Jawi-Jawi Guguk, Air Batumbuk, Saok Laweh, Singkarak, Sulit Air, Sumani, Sirukam, nagari Lolo, Surian, Muara Panas, Bukit Sileh Salayo Tanang dan lain sebagainya. Sementara pasangan calon Bupati Solok Nomor urut 3, Desra-Bachtul, unggul di nagari Alahan Panjang, Talang Babungo dan dua nagari di Danau Kembar. Di kecamatan Danau Kembar, dari jumlah pemilih yang terdaftar sebanyak 15.774, pasangan Desra mendapatkan suara 3655 suara, Gusmal-Yulfadri mendapatkan suara 2270 dan Agus Syahdeman-Wahidup mendapatkan suara sebanyak 1129 suara dan lebih dari separoh atau sekitar 8345 orang tidak menggunakan hak suaranya.

Sementara sampai berita ini diturunkan, berdasarkan hasil hitungan cepat atau Quick Count, yang berpusat di Kantor Gerindra Kabupaten Solok, pasangan Gusmal sudah unggul  47, 04 persen atau mendapatkan suara ,54. 206, pasangan nomor urut 2, Agus Syahdeman-Wahidup, mendapatkan suara 16, 26  persen atau. 18.733 suara dan pasangan nomor urut 3, Desra-Bachtul mendapatkan suara 36, 45 persen atau  42.004 suara  dari yang sudah masuk 43, 08 persen.

Sementara suara yang masih ditunggu sekitar 50.000 suara lagi. “Meskipun kita sudah unggul di perhitungan cepat atau quick count ini, namun kita masih tetap menunggu pengumuman resmi dari KPU Kabupaten Solok,” tutur Yondri Samin, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok di Cupak. Dia juga menyayangkan bahwa partisiapasi pemilih untuk datang ke TPS jauh menurun dan menilai KPU gagal dalam mensosialisasikan ke masyarakat dan tingkat atau minat pemilih hanya ada sekitar 50 persen yang menyalurkan suaranya.


Sementara itu, Pj Bupati Solok, Devi Kurnia,SH, menggunakan hak pilihnya di TPS 05 Jorong Sukarami, Nagari Koto Gaek Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, tepatnya di SD Negeri 20 Gunung Talang dan datang sekitar jam 9 pagi WIB (wandy)

google+

linkedin