BIJAK ONLINE (Padang)-Direktur Utama Bank Nagari Suryadi Asmi menjelaskan,  asset Bank Nagari telah mencapai Rp 20,20 triliun, kredit yang diberikan Rp 14,4 triliun, Dana Pihak Ketiga 
(DPK) Rp 16 triliun serta laba Rp 252,2 miliar terhitung hingga 31 Oktober 2015.

Sementara itu Bank Nagari  Cabang Bukittinggi per 31 Oktober 2015, Asset mencapai Rp 828 Miliar, kredit Rp 680 Miliar, DPK Rp 724 miliar dan laba yang diperoleh Rp 45 miliar.

Sedangkan total Tabungan Sikoci yang dapat dihimpun per 31 Oktober 2015 berjumlah  Rp 2,4 trililiun atau 15 persen dari total dana masyarakat yang berhasil dihimpun dengan  485.984 jumlah penabung.

Menurut Suryadi Asmi,  Bank Nagari yang sahamnya dimiliki oleh pemda/pemkab/ pemko di Sumbar termasuk koperasi karyawan, telah berperan aktif membantu pemda dalam  menumbuh kembangkan aktifitas ekonomi masyarakat. Selanjutnya secara tidak langsung juga berperan aktif dalam menanggulangi permasalahan ketenagakerjaan dan masalah sosial lainnya.

Sebagai sebuah  bisnis, Bank Nagari juga memberikan manfaat langsung berupa penerimaan deviden yang menjadi komponen Pendapatan Asli Daerah.

"Kami berkomitmen penuh untuk senantiasa meningkatkan peran tersebut, karena Bank Nagari didirikan memang dimaksudkan untuk mensejahterakan masyarakat Sumbar melalui kegiatan usaha perbankan.

Bank Nagari adalah milik masyarakat Sumbar dan akan didedikasikan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan  seluruh masyarakat Sumbar," Ujar nya

Selanjutnya, kata Suryadi, menyatakan bahwa pihaknya menaruh harapan besar agar masyarakat Sumbar juga senantiasa berpihak kepada Bank Nagari dengan mempercayakan segala aktivitas keuangannya pada Bank Nagari.

Adapun penarikan undian Sikoci Bank Nagari dilaksanakan enam kali dalam setahun dengan membagi tiga wilayah dan dalam setiap wilayah dilaksanakan dua kali.

"Acara ini adalah bentuk apresiasi dan terima kasih kami kepada nasabah Tabungan Sikoci yang berada di Sumbar dan khususnya di Bukittinggi, atas kepercayaan yang telah diberikan selama ini terhadap Bank Nagari," ungkap Suryadi.

Dalam pengundian Tabungan Sikoci Periode II/ Rayon II/2015 di Kantor Bank Nagari Cabang Bukittinggi, Kamis (19/11/2015) lalu, HILMA, Nasabah Bank Nagari Cabang Tapus, Panti, Kabupaten Pasaman, kembali mendulang hadiah dari undian Tabungan Sikoci,wanita parobaya berprofesi guru ini "ketiban" hadiah utama berupa satu unit mobil New Avanza. Dulu, masih dalam ajang yang sama di pertengahan November 2013, ia membawa pulang hadiah II  berupa satu unit sepeda motor Yamaha Mio-J 

Selain hadiah satu unit mobil, juga dibagikan hadiah berupa 11 unit sepeda motor Yamaha Mio untuk masing- masing daerah di Rayon II, serta11 paket uang tunai masing-masing Rp 2,5 juta dan Rp 1,5 juta.

Khusus untuk Bank Nagari Cabang Bukittinggi, nasabahnya memperoleh dua unit sepeda motor, sedangkan nasabah di sembilan kantor cabang lainnya masing- masing memperoleh satu unit.

Sembilan cabang lainnya di rayon dua tersebut adalah Bank Nagari Cabang Pangkalan, Payakumbuh, Lubuk Sikaping, Tapus, Ujung Gading, Simpang Empat Lubuk Basung, Lubuk Alung dan Pariaman.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Walikota Bukittinggi, H. Abdul Gafar, pada kesempatan,mengungkapkan rasa syukur kota yang dipimpinnya ditunjuk sebagai pusat kegiatan pengundian Sikoci periode II untuk rayon II. 

Dalam rangka menumbuhkembangkan Bank Nagari dan pemilik modal, Pemerintah Kota Bukittinggi setiap tahunnya terus meningkatkan modalnya di Bank Nagari. Bahkan untuk tahun 2015 Pemko Bukittinggi telah mengalokasikan sekitar Rp  6 milyar penyertaan modal di Bank Nagari. "Hingga saat ini modal Pemko Bukittinggi di Bank Nagari sudah mencapai Rp. 25 milyar dan itu akan terus kita tingkatkan setiap tahunnya. Sedangkan dari jumlah modal tersebut, pemko Bukittinggi menerima devidennya mencapai Rp. 3 Milyar lebih tiap tahunnya,"  ujarnya.

kegiatan bertabur doorprize tersebut juga dihadiri Direktur Kepatuhan Bank Nagari, Yohannes, Sekretaris Perusahaan Azmi Febrian. ( chan)

google+

linkedin