BIJAK ONLINE (Padang  Pariaman)--Pondok Pesantren Nurul Yaqin, Ringan-Ringan, Pakandangan, Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padangpariaman, Propinsi Sumatera Barat, mengalami kemajuan yang cukup pesat belakangan ini dan terbukti semakin tingginya minat orangtua menyerahkan anaknya ke Pesantren Nurul Yaqin, dimana pertama kali dalam sejarahnya Nurul Yaqin Ringan-Ringan terpaksa menolak calon santri baru. 

Ketua Yayasan Pembangunan Islam El Imraniyah (PYII) Ringan-Ringan Drs. Idarussalam Tuanku Sutan,   Selasa (22/12/2015), mengatakan hal itu dalam rapat persiapan pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. 1437 H di pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan. Tampak  hadir antara lain  Wakil Pimpinan Pesantren Nurul Yaqin Drs. Al-Muhdil Karim Tuanku Bagindo, Syekh Muda Zulhamdi Tuanku Kerajaan Nan Saleh, dan dipandu Ketua MUI Padangpariaman Dr. Zainal Tuanku Mudo.

Menurut Idarussalam, belakangan ini memang Pesantren Nurul Yaqin mulai banyak dikunjungi tokoh-tokoh nasional. Diantaranya mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi yang memberikan ceramah pada tabligh akbar memperingati Maulid nabi Muhammad Saw. tahun lalu. “Alhamdullah, beberapa bulan kemudian penerimaan calon santri membludak hingga hampir mencapai 400-an orang. Sedangkan daya tampung penerimaan calon santri baru maksimal hanya 250 orang, “ kata Idarussalam yang juga Kepala BKD Pemerintahan Kabupaten Padangpariaman ini.

Dikatakan Idarussalam, untuk memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. yang direncanakan 9-10 Januari 2016 mendatang, insya Allah Pesantren Nurul Yaqin akan menghadirkan Ketua Umum PBNU Prof.KH.Said Aqil Siraj. Informasi terakhir, beliau sudah menyatakan kesediaan hadir memberikan ceramah pada tabligh akbar yang diselenggarakan setiap tahunnya di Pesantren Nurul Yaqin.

Kehadiran Ketua Umum PBNU Prof.KH.Said Aqil Siraj di Pesantren Nurul Yaqin ini tentunya kesempatan bagi ulama di Padangpariaman untuk bertemu dan mendengarkan langsung berbagai isu terkini yang berkaitan dengan kehidupan beragama dan berbangsa, baik di tingkat nasional maupun internasional. “Selama ini bisa jadi ada anggapan tertentu terhadap sosok Said Aqil Siraj, baik sebagai Ketua Umum PBNU maupun sebagai tokoh Islam di Indonesia. Momen ini diharapkan selain mendapatkan informasi terkini juga mampu menjadi ajang silaturrahmi ulama di Padangpariaman dengan tokoh nasional ini,” kata Idarussalam. 

Ketua Panitia Maulud Nabi Muhammad Saw. Pesantren Nurul Yaqin terpilih Syaiful Rahman Tuanku Mudo menambahkan, kehadiran tokoh nasional ini tentu akan menambah semarahnya pelaksanaan peringatan Maulud Nabi Muhammad Saw. di Pesantren Nurul Yaqin. “Kita menghimbau seluruh alumni, keluarga besar Pesantren Nurul Yaqin dan ulama di Padangpariaman dapat menghadiri acara ini,” katanya. (ya)

google+

linkedin