Tampak Kepala Sekolah SMP 2 Gunung Talang, Erfimarnis (nomor 2 dari kanan) yang didampingi Kabag Kesra Kabupaten Solok (paling kanan), usai menerima hadiah dari Gubernur Sumbar usai upacara bendera bertempat di halaman kantor Gubernur Sumbar

BIJAK ONLINE (SOLOK)-SMP Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok, berhasil menjadi juara pertama lomba UKS SMP Tingkat Sumatera Barat dan berhak mewakili Sumbar pada lomba yang sama ketingkat nasional.

“Alhamdulillah sekolah SMP 2 Gunung Talang sukses meraih yang terbaik pada lomba UKS tingkat Sumbar dan akan mewakili provinsi Sumbar ketingkat nasional,” tutur Kabag Kesra Kabupaten Solok, Drs. H. Suharmen Thaib,MM, usai menerima piala dan uang tunai usai upacara bendera di halaman kantor Gubernur Sumbar, Senin pagi (30/11).

Sementara MAN Koto Baru, hanya meraih posisi 3 untuk Sumbar. Disebutkan Suharmen, Tim Penilai UKS Sumbar, sebelumnya sudah mendatangi empat untuk dinilai Tim UKS Sumbar seperti TK Aisyah Selayo, kecamatan Kubung, SD 02 Tarung-Tarung, kecamatan IX Koto Sungai Lasi, SMP Negeri 2 Gunung Talang dan MAN Koto Baru, kecamatan Kubung.

Dijelaskan Suharmen, tim penilai UKS Sumbar sudah melakukan penilaian dengan sistim Trias UKS, yang mana Trias UKS tersebut  meliputi Pendidikan Kesehatan, yang merupakan bagian dari keseluruhan upaya kesehatan Promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, yang lebih menitip beratkan kepada upaya untuk meningkatkan pola hidup sehat. Kemudian yang kedua adalah masalah Pelayanan kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Kesehatan Sehat.

Kepala SMP Negeri 2 Gunung Talang, Erfimarnis, menyebutkan bahwa pihaknya sangat bersyukur karena bisa mewakili Sumbar pada lomba UKS SMP tingkat nasional. “Kita tentu sangat bangga sekolah kita bisa mewakili Sumbar pada tingkat nasional. Ini adalah berkat kerjasama semua pihak, masyarakat sekolah, majelis guru, komite dan juga bimbingan dari Kabag Kesra,” tutur Erfimarnis. Dengan diraihnya juara pertama lomba UKS SMP tingkat Sumbar, maka tahun depan sekolah itu diharapkan akan terus lebih baik dari tahun sebelumnya. 

Ketua Tim UKS Sekolah Kabupaten Solok, Ny Melina Askan Devi Kurnia, menyebutkan bahwa kegiatan UKS ini terintegrasi dengan semua lapisan, karena selain Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), UKS ini juga didukung orang tua murid dan masyarakat sekolah. “Kita sangat mendukung kegiatan lomba UKS ini, karena menyongsong sekolah yang bersih dan sehat demi mewujudkan anak-anak yang cerdas, sehat dan berkarakter. Kita juga bangga dengan SMP 2 Gunung Talang dan MAN Koto Baru yang keluar sebagai juara pertama dan ketiga tingkat Sumbar," kata Ny. Melina Askan Devi Kurnia (wandy)

google+

linkedin