BIJAK ONLINE (Pekanbaru)-Pusat perbelanjaan Ramayana atau dulu disebut Pasar Pusat Pekanbaru, Selasa (8/12/2015) sekira pukul 15.30 WIB terbakar hebat. Hingga pukul 17.30 WIB api masih menyala hebat dan asap tebal menutupi jalan Jenderal Sudirman sehingga menimbulkan kemacetan panjang.

Menurut saksi mata dan sejumlah pedagang Pasar Ramayana, api pertama kali diketahui menyala di lantas dasar, disebabkan arus pendek. Namun hingga kini belum diketahui dari kios nomor berapa api itu berasal.

"Api diketahui pertama kali sekitar pukul 15.30 WIB dari lantai dasar. Saya baru saja mau keluar dari pasar," ujar Rima (34), seorang warga Simpangtiga yang berbelanja di pasar tersebut.

Sampai pukul 17.30 WIB, kobaran api masih menjulang diselimuti asap tebal. Asap bahkan sampai menutupi Jalan Jenderal Sudirman sehingga lalu lintas macet total. Sejumlah anggota polisi tampak bekerja keras mengalihkan arus kendaraan agar tidak melewati Jl Jenderal Sudirman. Sebagian lagi membantu Satpam dan anggota pemadam kebakaran mencegah pemilik toko yang terus berusaha menyelamatkan barang-barang jualannya.

Asap tebal keluar dari lantai I, sebab umumnya kios lantas I menjual kain dasar dan pakaian jadi. Asap yang begitu tebal juga menutupi areal parkir sepeda motor di lantai I dan II sehingga pemilik kendaraan dilarang petugas untuk masuk, sebab bisa membahayakan jiwa.

Sejumlah anggota Polresta Pekanbaru yang diterjunkan ke lokasi kebakaran, belum bisa dimintai keterangan, sebab semuanya masih sibuk menyelamatkan pengunjung, pedagang, mengatur lala lintas serta menertibkan ribuan masyarakat yang menonton kebakaran tersebut dari Jl Jenderal Sudirman. (jr01)     

google+

linkedin