BIJAK ONLINE (PADANG)-Selama tahun 2015, Semen Padang Group telah menyalurkan beasiswa sebanyak Rp 2,5 miliar lebih kepada 2.700 pelajar dan mahasiswa berprestasi. Penyaluran  itu dilaksanakan selama dua tahap, yakni semester I dan semester II. Penyaluran semester I dilaksanakan pada 5 Mei 2015 kepada pelajar dan mahasiswa berprestasi sebesar Rp1,2 miliar, dan pada semester II disalurkan dana beasiswa sebesar Rp1,1 miliar yang diserahkan di Gedung Serba Guna Semen Padang, Rabu, 16 Desember 2015.

Kepala Biro CSR Semen Padang Iskandar Z Lubis dalam laporannya menyampaikan, total dana beasiswa  semester II  sebesar Rp1,1 miliar diserahkan Semen Padang Group untuk lebih 1400  pelajar dan mahasiswa. Rinciannya, PT Semen Padang menyerahkan sebesar Rp461 juta dengan 867 orang penerima, yang didistribusikan untuk Kota Padang, Dumai dan  Lampung Selatan. Untuk Kota Padang, tingkat SD dan sederajat sebanyak 353 orang, masing-masing senilai Rp400.000, SLTP dan sederajat sebanyak 215 orang, masing-masing senilai Rp500.000,  SLTA dan sederajat sebanyak 186 orang, masing-masing senilai Rp750.000,  Perguruan tinggi sebanyak 33 orang, masing-masing senilai Rp 1.000.000 termasuk atlet berprestasi sebanyak 30 orang.  Sedangkan Dumai dan  Lampung Selatan CSR PT Semen Padang menyalurkan total masing-masing senilai Rp 20 juta untuk 40 orang penerima.

PT Pasoka Sumber Karya menyalurkan sebesar Rp 112 juta dengan 100 orang penerima, yang terdistribusi untuk tingkat SLTA dan sederajat sebanyak 50 orang, masing-masing senilai Rp 1.000.000, tingkat Perguruan tinggi sebanyak 50 orang, masing-masing senilai Rp 1.250.000.

PT Yasiga Sarana Utama sebesar Rp 108 juta dengan 83 orang penerima, yang terdistribusi  untuk Tingkat SD dan sederajat sebanyak 40 orang, masing-masing senilai Rp 1.100.000, SLTP dan sederajat sebanyak 20 orang, masing-masing senilai Rp 1.300.000, SLTA dan sederajat sebanyak 16 orang, masing-masing senilai Rp 1.600.000, Perguruan tinggi sebanyak tujuh orang, masing-masing senilai Rp 1.800.000.

Sedangkan LAZ Semen Padang sebesar Rp 381 juta dengan 361 orang penerima, yang disalurkan kepada  pelajar  SD dan sederajat sebanyak 8 orang, dengan total nilai Rp 4.200.000, SLTP dan sederajat sebanyak 40 orang, dengan total nilai Rp. 24.000.000, SLTA dan sederajat sebanyak 138 orang, dengan total nilai Rp 127.500.000, Perguruan tinggi sebanyak 175 orang, dengan total nilai Rp215.100.000.

Direksi Semen Padang diwakili Kepala Departemen Komunikasi & Sarana Umum, Ampri Satyawan mengatakan, pelaksanaan program beasiswa telah dilakukan dengan bersinergi bersama anak perusahaan dan lembaga penunjang, yakni PT Pasoka Sumber Karya, Lembaga Amil Zakat Semen Padang, serta PT Yasiga Sarana Utama.

"Program pemberian beasiswa merupakan salah satu program berkelanjutan dalam bentuk kepedulian Semen Padang Group di bidang Pendidikan dalam rangka membangun dan memberdayakan  Sumber Daya Manusia unggulan yang sesuai dengan strategi CSR dalam pilar Semen Padang Pandai Nagari," kata Ampri Satyawan, pada acara yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Padang yang diwakili Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Riswandi, Camat Lubuk Kilangan Syafwan, Camat Pauh, Wardas Tanjung, perwakilan KAN Lubuk Kilangan, KAN Pauh, KAN Limau Manih Selatan, KAN Nan XX Lubeg, unsur masyarakat lainnya.

Ampri Satyawan menjelaskan, fokus CSR Semen Padang bertema,"Basinergi Mambangun Nagari". Fokus CSR itu diimplementasikan dengan strategi yang sesuai dengan arah dan pengembangan perusahaan, melalui empat pilar. Empat pilar itu yakni, Semen Padang Campin Nagari, Semen Padang Paduli Nagari, Semen Padang Pandai Nagari, dan Semen Padang Elok Nagari.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang diwakili Riswandi menyampaikan terimakasih pada  Semen Padang Group yang telah menyalurkan beasiswa setiap tahunnya. Program ini merupakan bentuk dukungan Semen Padang Group pada Pemko Padang yang melaksanakan program pendidikan gratis. Melalui program pendidikan gratis, Pemko Padang berharap tidak ada lagi anak-anak yang tidak bersekolah.

"Sumber dana pendidikan diharapkan tidak hanya melalui APBD, namun juga dari BUMN. Semoga bantuan pendidikan dari Semen Padang ini menjamin keberlanjutan pendidikan anak-anak kita," kata Riswandi.

Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan, Asril Azis, mewakili masyarakat juga menyampaikan terimakasih pada Semen Padang atas penyaluran beasiswa dua kali dalam setahun."Harapan kami, kegiatan ini terus berlanjut di masa datang, dan nilainya juga bisa ditingkatkan," kata Asril.

Kepada para pelajar dan mahasiswa penerima beasiswa, Asril minta agar tidak lupa menyampaikan terimakasih pada PT Semen Padang yang telah peduli pada pendidikan.

Beasiswa  diberikan Semen Padang kepada siswa/siswi, mahasiswa dan atlet berprestasi yang berasal dari keluarga tidak mampu di sekitar perusahaan, dengan sistem penjaringan yang dilakukan tetap berpedoman pada prestasi nilai rata-rata  minimal 7, dan untuk mahasiswa, memiliki Indeks Prestasi minimal 3, yang dikeluarkan oleh pihak sekolah atau perguruan tinggi.

Setiap semesternya, Semen Padang melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pemberian beasiswa kepada setiap penerimanya. Diharapkan  siswa/siswi penerima beasiswa Semen Padang dapat mempertahankan bahkan meningkatkan nilai prestasinya, karena peningkatan prestasi siswa itu sendiri merupakan bentuk keberhasilan dari program beasiswa tersebut.

Dari hasil monitoring dan evaluasi, Semen Padang terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan sistem & mekanisme penyaluran, serta tidak menutup kemungkinan dilakukannya penambahan-penambahan program yang dapat mendukung keberhasilan program beasiswa ini, sehingga POLA PEMBINAAN BERKELANJUTAN dapat dilaksanakan secara terus menerus. (*)

google+

linkedin