BIJAK ONLINE (PADANG)-Selaku perpanjangan tangan pemerintah di tengah-tengah masyarakat, Ketua Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) diharapkan senantiasa mampu bekerja maksimal berdasarkan tugas dan fungsinya. Masing-masing pemimpin bagi beberapa Kelompok Keluarga (KK) ini juga diminta, untuk dapat selalu bersinergi dengan Pemko Padang, terkait menyukseskan berbagai program pemerintah dan pembangunan di Kota Padang.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota (Wawako) Padang, H Emzalmi, sewaktu menyerahkan dana operasional RW dan RT se Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan di Masjid Al Hijrah Komplek Jondul Rawang Sabtu (12/12) lalu.

"Atas nama Pemerintah Kota Padang saya mengucapkan terima kasih atas pengabdian bapak dan ibu semua. Semoga bantuan operasional ini dapat lebih menyokong kinerja bapak dan ibu untuk lebih "all out" (melakukan semuanya) dalam menjalankan tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya. Kita bersyukur, sejauh ini cukup baik dengan mampu menyukseskan beberapa agenda besar yang dilaksanakan di Kota Padang. Yang terakhir, menciptakan suasana kondusif pada Pilgub Sumbar 9 Desember lalu ," imbuh wawako.

Emzalmi menekankan, peran RW dan RT ini memang sangat penting dan krusial bagi warganya. Jika peran tersebut tidak dijalankan dengan baik, maka akan berefek negatif bagi warga dan lingkungan yang dipimpin. Oleh karenanya, setiap pengurus RW dan RT itu, harus mampu menjadi pembina, menjaga keamanan, kenyamanan, K3 serta membantu warganya terkait masalah kependudukan. Kemudian juga ditambah, mampu mengkoordinasikan program pemerintah dan upaya perbaikan di wilayah lingkupnya.

"Jadi, kinerja RW dan RT selama ini di tengah-tengah masyarakat, tidak bisa dibandingkan dengan bantuan dana operasional yang diberikan. Semoga pencapaian yang baik selama ini mampu dipertahankan dan ditingkatkan lagi," harap Emzami.

Sekretaris Camat Padang Selatan, Roza Molina pada kesempatan itu menyebutkan, kali ini telah dilakukan penyerahan dana bantuan operasional bagi RW dan RT se Kelurahan Rawang Kecamatan Padang Selatan. Dana tersebut untuk triwulan IV di tahun 2015, yang diterima sebanyak 14 orang Ketua RW dan 52 Ketua RT dengan total Rp 33.360.000.

"Dana operasional ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kota Padang bagi Ketua RW dan RT dalam tiap sekali 3 bulan. Kita berharap, dana tersebut akan meningkatkan dan menambah semangat RW dan RT dalam menjalankan tugas," terang sekcam perempuan ini. (David)

google+

linkedin