BIJAK ONLINE (PADANG)-Wakil Walikota (Wawako) Padang, H Emzalmi membuka kegiatan Kursus Mahir tingkat Dasar (KMD) bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bung Hatta, Kamis (17/12).

Terkait kegiatan itu wawako mengatakan, sebagaimana diketahui, gerakan pramuka merupakan sebuah institusi pendidikan non formal. Keberadaannya telah diatur oleh Undang-Undang, yakni UU no 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka.

“Oleh sebab itu, kewajiban pemerintah adalah memfasilitasi semua penyelenggaraan pendidikan kepramukaan baik di tingkat pusat maupun tingkat daerah. Sebagai organisasi, gerakan pramuka sangat penting bagi pendidikan generasi muda bangsa.” terang Emzalmi di Aula Kampus II Bung Hatta Aie Pacah.

Emzalmi meneruskan, bagi perguruan tinggi, gugus depan pramuka harus terus dikembangkan. Ini karena, demi melahirkan tenaga pendidik pramuka yang handal dari kalangan mahasiswa dan lulusannya. Pramuka diterapkan melalui kegiatan ekstra kurikuler wajib di seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah baik di Perguruan Tinggi negeri dan swasta. Iini semakin mempertegas, akan kebutuhan tenaga pembina pramuka yang handal.

“Untuk itu, saya harapkan adik-adik semua peserta KMD mengikuti kegiatan ini dengan maksimal. Semoga kompetensi adik-adik di bidang kepramukaan, bisa menjadi pembina pramuka yang handal dimana pun adik-adik bertugas dalam mengabdikan diri,” tutup wawako mengakhiri. (David)

google+

linkedin