BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)--Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Gerakan Pemuda Ansor bukan hanya bertujuan untuk memperbanyak semata, tapi yang lebih penting adalah menyiapkan kader Ansor menjadi pemimpin di tengah masyarakat. Ansor harus menyiapkan pemimpin masa depan menggantikan generasi yang sekarang jadi pemimpin.

Hal itu diungkapkan Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Sumbar Rahmat Tuanku Sulaiman, MM, Selasa (15/12/2015), ketika membuka Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Gerakan Pemuda Ansor dan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Banser yang diselenggarakan Pimpinan Cabang GP Ansor Padangpariaman, di BPKB Rawang, Pariaman. 

Menurut Rahmat, Ansor sejatinya bukan hanya untuk  NU ke depan, tapi juga untuk bangsa Indonesia. Masa depan Indonesia juga terletak pada posisi NU, sedangkan masa depan NU terletak di tangah Ansor. Jika kepemimpinan Ansor ke depan baik, tentu Indonesia juga akan lebih baik pula.

“Kader Ansor tidak saja dilatihkan intelektualnya, tapi juga dilatih pisiknya melalui Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna. Karena seorang pemimpin tidak saja cerdas dan kuat intelektualnya, tapi juga kuat fisiknya,” kata Rahmat alumni Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan ini.  

Selain itu, kata Rahmat, sesuai dengan target Ansor, tidak hanya kuat berzikir, bershalawat kepada Nabi Muhammad Saw., tapi juga memiliki kekuatan kerja sehingga terwujud penguatan   ekonominya. “Kita menyadari masalah pengangguran banyak terjadi pada pemuda yang bermukim di pedesaan. Mereka kebanyakan Ansor yang butuh penguatan ekonomi,” kata Rahmat.

Terkait dengan bela negara yang belakangan sudah menjadi perhatian pemerintah, Ansor sudah berbuat dan tegas menyatakan bahwa NKRI itu harga mati. Sikap tegas tersebut dilakukan Ansor  karena turut berjuang  mendirikan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia RI ini. Ansor merasa prihatin belakangan banyak muncul gerakan yang ingin merobek-robek eksistensi NKRI ini, kata Rahmat. 

Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Zeki Aliwardana menyebutkan, PKD dan Diklatsar Banser berlangsung Selasa-Kamis (15-17/12/2015) dengan mendatangkan instruktur dari PP GP Ansor KH Abdul Khalim Anwar dan Asisten Pendidikan dan Latihan Satuan Koordinasi Nasional (Satkornas) Banser M. Ilyas. Sedangkan dari PW GP Ansor instruktur yang memberikan materi Rusli Intan Sati, Armaidi Tanjung dan Hafnizon. 

“PKD dan Diklatsar ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan PC GP Ansor Padangpariaman. PKD dan Diklatsar bertemakan, “Membingkai Kebersamaan Dalam Menjaga Keutuhan NKRI”, diikuti 50 orang peserta. Mereka berasal dari kalangan pesantren, pemuda, mahasiswa, dan utusan dari Padangpariaman,” kata Zeki didampingi sekretarisnya Alva Anwar.(r/ap)

google+

linkedin