BIJAK ONLINE (JAKARTA)- Padang menjadi daerah satu-satunya di Indonesia yang mendapatkan penghargaan Anugerah Peduli Pendidikan (APP) 2015. Padang dinilai berhasil menuntaskan buta aksara dan melaksanakan program wajib belajar 12 tahun dengan baik, Pemerintah Kota Padang menerima APP 2015 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Penghargaan ini diserahkan Mendikbud Anies Baswedan kepada Walikota Padang H. Mahyeldi Dt. Marajo dalam acara yang berlangsung di Gedung Ki Hadjar Dewantara Senayan, Jakarta, Jumat (11/12).

Mendikbud menyebut apresiasi yang diberikan kepada Pemerintah Daerah ini untuk mendorong partisipasi semua pihak untuk lebih peduli terhadap pelayanan pendidikan. "Diharapkan akan terus tumbuh peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan," kata Anies dalam sambutannya.
"Semoga visi Kota Padang untuk mewujudkan pendidikan bermutu, berprestasi dengan semangat kebersamaan segera terwujud," tambah Anies.

Sedangkan Walikota Padang Mahyeldi Dt. Marajo mengungkapkan, pendidikan gratis 12 tahun dan memasukan pendidikan menjadi program unggulan adalah sebagian dari bentuk kepedulian pemerintah kota Padang dalam pelayanan pendidikan.

Disamping program Dinas Pendidikan Kota Padang sendiri kreatif menciptakan dukungan masyarakat terhadap pendidikan, lahirnya organisasi bersama peduli pendidikan (Gema Pendik) menjadi salah satu terobosan yang melibatkan masyarakat dalam mengentaskan masalah pendidikan di ibukota provinsi Sumatera Barat ini.

"Semoga visi untuk mewujudkan pendidikan bermutu, berprestasi dengan semangat kebersamaan dapat dicapai," tukas Walikota yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi.

Penghargaan ini terbilang cukup fenomenal. Pasalnya, hanya Kota Padang saja yang mendapat penghargaan APP 2015 dari seluruh Kota di Indonesia. Hal ini mendapat respon positif dari sejumlah perantau asal Kota Padang yang berdomisili di Jakarta. Salah seorang perantau Padang yang tinggal di Cibubur, Irawan menyebut dengan diraihnya penghargaan tersebut membuktikan bahwa Padang merupakan daerah yang begitu peduli dengan pendidikan. Menurutnya, tak heran jika dari Kota Padang selalu muncul pemikir-pemikir handal yang mencuat di pentas nasional.

"Padang dari dulu sudah terkenal dengan pemikir-pemikirnya yang selalu membawa pengaruh di Indonesia, selamat buat Padang," ujarnya.(Tim Humas)

google+

linkedin