Yondri Samin, SH dan Septrismen Sutan Putih:

BIJAK ONLINE (SOLOK)-uo Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Yondri Samin, SH dan Septrismen menegaskan, sebagai Wakil Rakyat yang dududk di DPRD baik Kabupaten atau Provinsi, harus siap menerima kritikan dari media, selagi bertujuan untuk membnagun.

“Saya melihat masih banyak kawan-kawan di DPRD yang masih alergi terhadap kritikan media, padahal kalau kita renungi bahwa banyak dari media yang sifatnya mengontrol dan mengkritisasi kawan-kawan terhadap beberapa kelalaian yang mungkin tidak kita sadari danm media melihat hal tersebut,” tutur Yondri Samin, usai peringatan hari Olahraga Nasional di Lapangan Paarkir Kantor Bupati Solok, kemaren.

Dijelaskan Yondri Samin, saat ini sudah banyak media yang tidak lagi menjalankan fungsinya dengan baik yakni sebagai alat kontrol sosial, karena beberapa kepentingan. Seharusnya antara kepentingan dan sebagai alat kontrol harus dipisahkan. Artinya, media harus mampu mengkritik sebuah lembaga atau SKPD, kalau dinilai lagi tidak transfaran. “Seharusnya anggota dewan atau lembaga sekalipun yang sudah dikritik atau diingatkan media, berterimakasih kepada media tersebut karena sudah diingatkan, bukan malah menjadikan media sebagai musuh,” tutur Yondri Samin lantang.

Harapan yang sama juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Septrismen Sutan Putih. Menurutnya, sebagai pelayan masyarakat, SKPD atau lembaga pemerintahan, tidak alergi dikritik. “Bukan SKPD saja, kami juga anggota dewan juga tidak akan alrgi dikritik, asal tujuannya untuk membangun, bukan untuk menghujat,” jelas Ketua Partai Gerindra Kabupaten Solok itu. 

Menurutnya, sudah seharusnya media kembali kefungsi awalnya sebagai alat kontrol sosial, bukan hanya yang Asal Bapak Senang (ABS) saja. Media itu tidak boleh diinterfensi dan harus bisa menjalankan fungsinya dengan baik, yakni sebagai media kontrol sosial, bukan sebagai media pariwara saja. 

Ditambahkan Septrismen, bahwa media harus kembali berperan sebagai alat kontrol sosial dan bukan menjadi oposisi pemerintah atau DPRD selagi dibatas ambang yang sifatnya membangun (wandy) 

google+

linkedin