BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)--Wakil Wali Kota Pariaman, Dr.H. Genius Umar, S.Sos, mengatakan, petani harus bisa  memaximalkan bantuan yang diterima untuk dapat meningkatkan hasil produksinya, bagaimana biaya sekecil mungkin sedangkan hasilnya sebesar mungkin, sehingga baru usaha bisa mendapatkan untung.

Hal itu disampaikan Genius Umar, pada  acara tatap muka, dalam rangka persiapan penyusunan RDK/RDKK Kecamatan Pariaman Utara Tahun 2017 dan penyerahan klaim Asuransi AUTP kepada petani se Kecamatan Pariaman Utara, Rabu, (14/9/2016), siang.

Dikatakan, peran petani sangat berpengaruh bagi keberlangsungan suatu bangsa, petani berperan penting dalam mewujudkan program pemerintah yaitu ketahanan pangan baik skala regional dan nasional.

Petani berusaha agar mampu memberi makan mulut-mulut dua juta jiwa rakyat Indonesia dengan berkecukupan setiap bulannya, yang mengharuskan petani berperang dengan hama dan iklim ekstrim demi mewujudkan ketahanan pangan.

Coba bayangkan apa jadinya bangsa ini jika tidak ada lagi yang mau bekerja menjadi seorang petani.? Apa jadinya jika seluruh petani usia lanjut tidak mampu lagi turun ke sawah menggarap lahanya.?
Apakah Negara ini mampu memenuhi kebutuhan pangan 2 juta jiwa rakyat Indonesia hanya dengan melakukan impor.? Jika hal ini terjadi maka Indonesia akan mengalami krisis pangan, dan ketika krisis pangan terjadi maka kedaulatan suatu bangsa akan terancam.

Ir.Soekarno pernah  mengatakan “Pertanian adalah soal hidup matinya suatu bangsa” pernyataan ini mengingatkan kita bahwa pertanian merupakan sektor yang harus di perhitungkan serta di utamakan oleh bangsa kita, namun dewasa ini semuanya berubah 180 derajat.

Selama ini pertanian tidak lagi di jadikan sebagai prioritas utama dalam keberlangsungan pembangunan ekonomi bangsa dan petani juga tidak kunjung merasakan kesejahteraannya, karena tidak adanya jaminan pasar dan harga yang jelas oleh pemerintah.

Hadir dalam acara itu, Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Kota Pariaman,Ir. Agusriatman, MM, Camat Pariaman Utara,  Sutan Afwandi, Kepala UPT BPP Kecamatan Pariaman Utara Mulyadi  dan jajaran serta para Kelompok Tani. (h/amir)

google+

linkedin