Bupati Solok disambut tari selamat datang oleh para penari dari nagari Koto Gadang Koto Anaua, dalam rangka memperingati HUT HUT Babaliak Kanagari ke-15, bertempat di Balai adat nagari setempat, Sabtu, 24 September 2016. 

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Pemerintah Nagari Koto Gadang Koto Anau, kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, hari Sabtu (24/9), memperingati Hari Hulang Tahun ‘Babaliak Kanagari’ yang ke-15. Acara tersebut di pusatkan di Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau.

Peringatan HUT Babaliak kanagari yang ke-15 nagari Koto Gadang Koto Anau, juga dihadri Bupati Solok, H Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, Wakapolres Solok, Kompol Cipto Harjono, Camat Lembang Jaya, Syahrial, sH, Walinagari Koto Gadang Koto Anau, Mukaripin Rajo Bujang dan wali jorong se nagari Koto Gadang Koto Anau serta seluruh masyarakat setempat.

Ketua panitia pelaksana, dalam laporannya menyampaikan bahwa beberapa kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka acara ulang tahun babaliak ka nagari ke-15 di nagari Koto Gadang Koto Anau diantaranya adalah pawai nagari, Tournamant Sepakbola Walinagari CUP, Penampilan Kesenian antar Jorong dan 
Permainan KIM Anak Nagari.

Sementara Ketua KAN Koto Gadang Koto Anau,  B. Dt. Bagindo Sati dalam sambutannya menyampaikan bahwa babaliak ka nagari harus dimaknai dengan segenap kegiatan untuk kesejahteraan masyarakat nagari, dibawah pimpinan aparatur nagari. “Segenap elemen pemangku kepentingan di nagari harus sama-sama di implementasikan sesuai peran yang di emban, baik itu walinagari, niniak mamak, serta tokoh muda,” jelas B Dt Bagindo Sati. 

Sedangkan Walinagari Mukarifin Rajo Bujang, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada bapak Bupati Gusmal dan jajaran yang telah dapat hadir pada acara  Ulang Tahun Babaliak Ka Nagari Ke 15 Nagari Koto Gadang Koto Anau Lecamatan Lembang Jaya. “Kami juga mendo’akan agar Bapak selalu sehat-sehat saja dalam memimpin roda Pemerintahan Kabupaten Solok yang kita cintai ini,” jelas Mukarifin. Dijelaskannya, acara babaliak kanagari yang ke-15 ini bertujuan agar kita tetap bisa melestarikan kebudayaan kita namun tak hanya itu acara ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi antara kita bersama.

Bupati Solok,H. Gusmal Dt Rajo Lelo dalam arahannya menyampaikan bahwa sebenarnya makna baliak ka nagari adalah kembali menerapkan adat dan budaya Minangkabau seutuhnya tidak hanya dalam wilayah administratif tapi juga meliputi kembali ke sistim adat secara keseluruhan. “Dengan babaliak ka nagari kita dapat merasakan suasana kepemerintahan yang menggambarkan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah,” jelas H. Gusmal. 

Dijelaskan Gusmal, Hikmah babaliak ka nagari sangat banyak sekali seperti memunculkan kembali kesenian anak nagari yang beraneka ragam yang sudah semakin luntur ditengah tengah masyarakat. “Dengan program babaliak ka nagari ini akan dapat menangkal hal-hal negatif yang akan merusak mental generasi penerus bangsa ini. Saya berharap hal ini terus ditingkatkan untuk masa yang akan datang,” pinta H. Gusmal.

Bupati juga mengajak untuk bersama-sama kita jalin terus komunikasi antar pemerintahan nagari dengan Kabupaten Solok dalam rangka mewujudkan program 4 pilar pembangunan. Acara babaliak kanagari sekaligus bertujuan mengenalkan kebudayaan adat nagari kita kepada generasi muda, karena generasi muda kita saat ini banyak yang tidak mengetahui bagaimana adat istiadat bahkan ada juga yang sengaja melupakannya (wandy)

google+

linkedin