BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)--Kerukunan Umat Beragama (KUB) sangat penting untuk selalu kita jaga dan lestarikan, karena dengan adanya kerukunan, maka dapat menjadi  sebagai pilar kerukunan nasional , dan modal sosial dalam pembangunan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya pada acara Sosialisasi pelestarian dan peningkatan Kerukunan Umat Beragama, sebagai antisipasi terhadap issue actual keagamaan, yang bertempat di Hotel Kasandra By pass kota Pariaman, Kamis (22/9/2016) lalu.

Lebih lanjut Genius Umar menjelaskan bahwa bangsa kita sangat rentan untuk dipecah dengan isu SARA (Suku, Agama, Ras, Antar kelompok), karena bangsa kita terdiri bangsa yang Heterogen. Tercatat,  kita memiliki ribuan suku, bahasa, kebudayaan dan adat istiadat, karena itu, kita harus selalu dapat meningkatkan dan menjaga kerukunan itu agar tidak timbul gesekan yang akan memecah belah bangsa Indonesia ini, ujarnya.

“Saat ini isu actual keagamaan harus dapat kita cermati, jangan sampai warga Kota Pariaman yang telah berjalan harmonis, damai, aman dan tenteram ini, diusik dengan hal-hal yang dapat merusak kerukunan yang telah tercipta selama ini, dan ini harus terus dapat kita pertahankan,” tuturnya.

Saat sekarang, banyak orang yang mengotakkan ajaran agama, seperti agama islam yang mempunyai beberapa aliran seperti NU, Muhammadiyah, Sathariyah dan yang lainya. Jangan sampai kita sesama islam saling bertengkar, bukankah islam itu adalah agama yang rahmatan lil alamin, jadi kita harus dapat menjaga hal tersebut.

Dalam sambutan Ketua Panitia kasubag tata usaha Kemenag Kota Pariaman Dedi Wandra mengatakan, acara sosialisasi ini diikuti oleh 80 orang peserta, yang terdiri dari 40 orang utusan Osis Sekolah SMA sederajat di Kota Pariaman dan BEM se Kota Pariaman, dan 40 orang dari unsur Organisasi Masyarakat (Ormas), ucapnya.

“Diharapkan dengan adanya sosilisasi ini, generasi muda Kota Pariaman dapat menjadi generasi yang memahami arti pentingnya melestarikan kerukunan umat beragama, dan menjadi pemuda/pemudi yang mempunyai rasa empati dan social yang tinggi, sehingga tidak melenceng dari ajaran agama,” tutupnya.

Narasumber dalam acara ini Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Kasubag Hukum dan KUB Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat M. Rifqy, Kepala Kemenag Kota Pariaman Helmi dan Ketua FKUB kota Pariaman Amir Azli. (J/amir)

google+

linkedin