BAGI masyarakat Sumatera Barat, khususya insan olahraga di Ranah Minang, sosok Sengaja Budi Syukur kelahiran 8 Februari 1962 sudah tak asing lagi. Kenapa? Karena pengusaha sukses ini sangat peduli dengan perkembangan prestasi olahraga. Bahkan, disamping kesibukannya sebagai Ketua Organda Sumatera Barat dan salah seorang petinggi di Kadin Sumbar, ternyata anak Nagari Air Haji Pesisir Selatan ini masih menyisakan waktunya untuk mengurus olahraga  di cabang atletik dengan posisi sebagai Ketua Umum PASI Sumbar.

DI PON XIX Jabar, 2016 ini, ternyata Sengaja Budi Syukur dipercaya pula oleh Gubernur Sumatera Barat sebagai Ketua Kontingen Ranah Minang. Meskipun sibuk dengan mengunjungi cabang-cabang olahraga yang lagi berjuang di Tanah Lagenda Jawa Barat, ternyata hasil binaan dan bimbingan Sengaja Budi Syukur menoreh prestasi emas di cabang atletik dengan keberhasilan atletnya Yaspy Boby meraih dua medali emas di nomor 100 meter dan 200 meter.

Berkat perhatian dan kepedulian, Budi Syukur, cabor atletik Sumbar telah mengantongi 4 atlet ,  dua emas dari Yaspi Boby ,  1 perak dari lusiana, dua perunggu dari  Wahyudi Putera dan Yuluanti Utari. Kemudian, cabor atletik masih menyisakan atlet lari merathon Hamdani peraih medali emas tiga kali di Bali Open. 

Geliat cabor atletik yang di nahkodai Budi Syukur ini sudah memperlihatkan kejutan dan prestasi gemilangnya di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) IX Sumatera 2015 di Stadion Utama Belitung Timur Pelangi (BTP), Kabupaten Belitung Timur dengan keberhasilan menggaet 9  medali emas, 8  perak dan 5 perunggu.

Lakek tangan pengusaha yang dikarunia anak dua putri dan satu putra ini, juga terlihat ketika mengurus cabang renang yang dimulainya sebagai Ketua Ambacang Swimming Club Padang. Prestasi atlet renang Sumbar juga menggeliat di kancan nasional. Apa prestasi di cabang renang? (Bersambung dan penulis Yal Aziz wartawan tabloidbijak dan padangpos.com) 

google+

linkedin