BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)-- Wakil Wali Kota Pariaman,Dr.H. Genius Umar, S.Sos, mengatakan, Tabuik sudah lama diselenggarakan di Pariaman, terhitung sejak tahun 1826 ini merupakan potensi budaya yang harus dipertahankan dan dilestarikan.

Hal itu disampaikan Genius Umar, pada  Rakor persiapan penyelenggaraan pesona Hoyak Tabuik 2016 dengan seluruh stakholder Pariwisata di Aula Balai Kota Pariaman, Kamis (22/9/2016).
Dikatakan,  Tabuik merupakan  tulang punggung dan lokomotif wisata budaya Kota Pariaman. Tabuik milik masyarakat yang difasilitasi Pemko Pariaman.Semua masyarakat Kota Pariaman, dharapkan mempunyai rasa memiliki.

Penyelenggaraan Pesona Hoyak Tabuik perlu ditingkatkan manajemennya sehingga pengunjung merasa nyaman dan terhibur datang ke Kota Pariaman.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman,Drs.H. Efendi Jamal, MM,  selaku Ketua Panitia pelaksanaan pesona hoyak tabuik Piaman 1438 H/2016M, menegaskan pelaksanaan even ini sudah dipromosikan melalui media elektronik dan pemasangan baliho Tabuik diluar Daerah Kota Pariaman

"Promosi tabuik selalu kita tingkatkan sehingga Festival Budaya Tabuik masuk 5 besar atraksi tradisional terpopuler di Indonesia," katanya agar masyarakat paham tentang budaya tabuik, 

Pemerintah Kota Pariaman menyelenggarakan seminar tentang Ritual tabuik untuk mengupas permasalahan ritual tabuik dalam perspektif budaya sehingga dapat menyatukan pandangan dan persepsi yang sama.

Selanjutnya, Dandim 0308, Hendro Nurbiantoro, mengatakan bahwa Hoyak Tabuik even yang luar biasa di Kota Pariaman, walaupun ia belum pernah melihat secara langsung tapi hanya melalui media dan video.

"Kodim siap membantu Pemko dan masyarakat, mari kita bergandengan tangan dan berkoordinasi demi kelancaran event ini," tuturnya

Penyelenggaraan Pesona Hoyak Tabuik rencana diselenggarakan dari tanggal 2-16 Oktober 2016, pembuatan tabuik dikerjakan di Rumah Tabuik Pasa dan Subarang. selama acara prosesi tabuik mulai dari ritual ma’ambiak tanah sampai tabuik dibuang ke lau.t Pada malam harinya pengunjung akan disuguhkan dengan acara lomba dan kesenian rakyat yang berasal dari dalam dan luar Kota Pariaman di lapangan merdeka.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar, Dandim 0308, Hendro Endro Nurbantoro, Polres, Pengadilan Agama, Sekdako Pariaman, Indra Sakti, Kepala SKPD, Tuo Tabuik, Ninik Mamak, KAN dan Stakholder lainnya.(j/amir)

google+

linkedin