Inilah pohon besar yang diakibabkan oleh longsonya bukit Pauh, jorong Kayu Jao dan mengakibabkan arus lalu lintas Lubuk Selasih menuju Alahan Panjang dan Solok Selatan mengalami kemacetan.

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Musibah longsor kembali terjadi di Kabupaten Solok. Diduga akibab hujan yang turun terus-menerus, musibah longsor kembali terjadi di Pauh, Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, atau sekitar 3 KM dari longsor Rawang, yang terjadi akhir Agustus 2016 lalu.

Informasi yang berhasil dihimpun Koran Padang Selasa sore (27/9) menyebutkan, bahwa musibah longsor terjadi sekitar jam 18.00 WIB, mengakibabkan bukit Pauh Longsor dan merobohkan beberapa pohon besar dan tumbang ke jalan utama yang menghubungkan Lubuk Selasih dan Alahan Panjang serta ke Solok Selatan. 

“Saya sedang berada di dalam rumah dan mendengar dentunan keras dan saya langsung ke luar, dan menemukan pohon besar tumbang disertai material tanah dan bebatuan mengarah ke jalan raya. Beruntung waktu kejadian tidak aa kendaraan yang melintas,” jelas Parlan (19), warga Pauh, Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus.

Ditambahkan Parlan, akibab longsor tersebut, arus lalu lintas dari Lubuk Selasih menuju Alahan Panjang dan Solok Selatan dan sebaliknya terputus. Tidak lama kemudian, sekitar setengah jam atau sekitar jam 18.30 WIB, petugas kepolisian dari Polres Arosuka datang di TKP. “Kita membutuhkan mesin pemotong kayu atau pohon besar atau sinso untuk memotong pohon yang menghalangi jalan,” jelas Kapolres Arosuka melalui Kasat Lantas, AKP Anggara Rustamoyo, SIK.

Walinagari Batang Barus, Syamsul Azwar menyebutkan bahwa lokasi longsor merupakan daerah rawan dan berada di perbukitan. “Yang jelas dari Lubuk Selasih hingga nagari Air Batumbuk sangat rawan terhadap longsor dan pohon besar tumbang, jadi kita himbau masyarakat pengendara agar berhati-hati bila melintas di sepanjang jalan tersebut,” jelas Syamsul Azwar. Hingga berita ini diturunkan, petugas kepolisian di bantu masyarakat sekitar masih berupaya keras menyingkirkan pohon besar yang menghalangi lalu lintas menuju Alahan Panjang dari Lubuk Selasih dan sebaliknya (wandy) 

google+

linkedin