Inilah Andri warga Limau Puruik, nagari Batu Bajanjang, kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok yang menderita tumor ganas dibagian wajahnya dan sudah lima tahun berjuang melawan penyakitnya

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Tuhan memang berbuat sekehndak hati, namun dibalik semua misteri tersebut, pasti ada rencana Tuhan yang mungkin tidak diketahui oleh umatnya. Secara logika, Andri tidak pantas menerima penyakit tumor ganas tersebut, sebab sudah tinggal di gubuk reot, diuji pula dengan penyakit tumor ganas yang sudah menyerangnya selama 3 tahun lebih.

Lengkap sudah penderitaan yang diberikan Tuhan kepada umatnya, yakni Andri (26) warga jorong Limau Puruik, nagari Batu Bajanjang, kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok. Suami dari Santi Murnita (24) dan dua orang anak anak, yakni Rahmat 5 tahun dan Nurulaini usia 3 tahun, saat ini berjuang hidup melawan tumor ganas. Sementara akibab diuji dengan penyakit, secara otomatis dirinya sebagai kepala keluarga tidak bisa menafkahi isteri dan kedua anaknya. Tinggal untuk menyambung hidup menunggu belas kasihan tetangga dan warga sekitar. 

Penyakit kanker ganas yang tumbuh di bagian wajah dan tampak membenjol sebesar buah melon itu, bukan tidak pernah diobati. Andri pernah di operasi dan dirawat di RS Tentara Solok serta di RSUP M. Jamil kota Padang.

Rumah kediaman Andri di Jorong Limau Puruik, Nagari Batu Bajanjang, Kecamatan Lembang Jaya, tampak suasana sepi mencekam. Bahkan setiap melihat berbicara dengan Andri, hanya rasa hiba dan air mata yang tergenang. Kadang malah berpikir lain, kenapa penyakit seberat itu tidak melanda orang kaya saja, kan mereka banyak uang untuk membiayai operasi dan menembus obat.

Tapi setelah difahami, yang jelas pasti Tuhan mempunyai rencana dibalik semua ini. “Bapak sudah lebih tiga tahun menderita penyakit kanker ganas ini dan sudah dibawa ke Rumah Sakit tentara di kota Solok dan M. Jamil di kota Padang. Tapi belum ada angsuran dan bahkan saat ini penyakitnya bertambah parah. Untuk berobat lagi, kami tidak punya uang untuk ongkos. Bahkan untuk makan saja, hanya tetangga yang suka membantu,” jelas Santi Mulia, isteri Andri. 

Sementara dua anaknya belum memahami apa yang diderita oleh ayahnya, mereka tampak masih cerita, layaknya anak-anak usia balita. Meski Andri ikut peserta BPJS, namun untuk biaya sehari-hari dan untuk ongkos jalan pergi kemana saja, keluarga mengaku sudah tidak punya apa-apa lagi untuk dijual. “Alah kamari barubek kami, pak! Tamsuak ka urang pintar jo dukun bagai. Tapi panayakik apak paja ko alun juo ilang lai,” tutur isterinya Santi Mulia.

Kepala jorong Limau Puruik, Asmintin Martin, menyebutkan bahwa warganya Andri divonis dokter yang memeriksanya dengan diagnosa  penyakit tumor ganas. “Kasihan kita sama beliau, kalau ada dermawan yang mau membantu kan penyakitnya bisa tertolong. Atau apa di Dinas Kesehatan atau Dinas sosial ada dana untuk membantu beliau?,” tanya Martin. Baik Martin maupun keluarga Andri berharap agar ada pihak-pihak berwenang atau dermawan yang mau mengulurkan tangannya untuk membantu Andri dibawa ke Rumah Sakit. Di akhir cerita, kepala jorong Limau Puruik, Martin memberikan nomor rekening untuk bisa membantu meringankan beban Andri yakni rekening atas nama Fitra Yadi 554901007047531 yang masih kerabat Andri. Atau juga bisa menghubungi redaksi Tabloid Bijak. 081270371660 (wandy)

google+

linkedin