Jalan Lintas Sumatera KM 6 Lubuk Selasih, Minggu pagi sekitar jam 10 WIB kembali longsor. Beruntung longsor tidak mengakibabkan korban jiwa dan saat ini sudah kembali normal

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Peristiwa longsor kembali terjadi di Kabupaten Solok, Minggu pagi (16/10), Jalan Lintas Sumatera, Jorong Lubuk Selasih, KM 6 dari Lubuk Selasih menuju Kota Padang atau tepatnya di KM 29,8 Air Sirah, nagari Batang Barus, kecamatan Gunung Tlang, Kabupaten Solok.

Longsor menimpa jalan Lintas Sumatera Solok-Padang yang selalu ramai dilintasi kendaraan. Beruntung waktu kejadian, tidak ada pengendara yang melintas. Longsor terjadi sekitar jam 10.00 WIB dan menimbun seluruh badan jalan. Akibabnya, pengguna jalan negara Solok-Padang, terpaksa harus bersabar menunggu petugas dari Dinas PU yang dibantu pihak Petugas Polisi Lalulintas dari Polres Arosuka Kabupaten Solok, menyingkirkan bahan matrial dan timbunan tanah yang menutupi badan jalan setinggi 1 meter. 

Menurut Walinagari Batang Barus, Syamsul Azwar, longsor berasal dari bukit yang berada pada sisi kanan jalan. “Daerah ini hingga sampai ke Indarung memang rawan longsor, karena kondisi alam yang berada di daerah perbukita dan kita menghimbau agar pengguna jalan yang melintas di sini harus ekstra berhati-hati,” terang Syamsul Azwar.

Pihak Walinagari yang mengetahui ada peristiwa longsor, langsung menghubungi petugas UPT PU Lubuk Selasih dan tidak lama petugas datang dibantu anggota keolisian Arosuka. Meski dibawah cuaca dingin dan dibawah siraman hujan, namun para petugas tampak bekerjaserius membrsihan jalan dari timbunana tanah, beabatuan pohon kayu ukuran sedang. Sekitar dua jam kemudian atau sekitar jam 12 siang, kendaraan sudah bisa melintas, meski longsor mengakibabkan kemacetan panjang sekitar 2,5 KM dari kedua arah Solok dan Padang. “Alhamdulillah, peristiwa longsor tidak menelan korban jiwa dan longsorbisa diatasi dua jam kenudian, sehingga jalan Solok Padang kembali lancar,” terang Kapolres Arosuka, AKBP Reh Ngenana, melalui Kasat Lantas, AKP Anggara Rustamoyo (wandy)

google+

linkedin