BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)— Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi, mengatakana, jumlah pemuda di Indonesia sesuai dengan UU No 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan dengan range usia antara 16-30 tahun, berjumlah 61,8 juta orang, atau 24,5% dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 252 juta orang (BPS 2014).

Demikian sekelumit Pidato Menteri Pemudadan Olahraga RI Imam Nahrawi yang dibacakan Wali Kota Pariaman, pada upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Jum’at (28/10/2016) di halaman Balai Kota Pariaman.

Melalui peringatan hari sumpah pemuda tahun ini kami menyampaikan salam hangat bagi tokoh-tokoh pemuda di seluruh penjuru negeri dan manca negara beserta keluarga untuk tetap berjuang dan berupaya sekuat tenaga demi kemajuan dan kemakmuran Bangsa Indonesia, dan terus menjaga keutuhan NKRI, ujar Imam Nahrawi kata wako.

“Indonesia akan menikmati suatu era yang langka yang disebut dengan Bonus Demografi. Dimana jumlah usia produktif Indonesia diproyeksikan berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa ini, yaitu mencapai 64% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 297 juta jiwa.” Ungkapnya.

Jumlah yang besar saja tidaklah cukup tanpa diimbangi dengan kualitas yang baik. Karena itu, tugas kita semua untuk menjadikan Bonus Demografi ini memiliki makna bagi percepatan pembangunan di Indonesia. Mari kita buktikan dalam sejarah Indonesia, untuk kesekian kalinya pemuda Indonesia menjadi motor utama penentu perubahan Indonesia. 

Bonus demografi menjadi kesempatan kita satu-satunya untuk memastikan percepatan pembangunan ekonomi Indonesia menjadi negara maju sejajar dengan negara-negara besar lainnya. Di depan mata kita ada MEA dan Perdagangan bebas Asia dan dunia. Saatnya pemuda Indonesia membangun visi yang besar menatap dunia, tutup pidato menpora yang dibacakan oleh Mukhlis Rahman.

Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2016 ini "Pemuda Indonesia Menggunjang Dunia". Hadir Ketua DPRD Mardison Mahyuddin, Forkopimda, Kapolres Pariaman AKBP Ricko Junaldy, Sekda Indra Sakti, Ketua TP PKK Ny. Reni Mukhlis, Ketua GOW Ny.Lucy Genius, Ketua DW Ny. Kartini Indra, Kepala BUMN/BUMD, organisasi vertikal, Kepala SKPD, Kabag dan peserta upacara yang hadir. 

Peringatan  Hari Sumpah Pemuda yang ke 88 di tahun 2016 ini, Pemerintah Kota Pariaman, bertindak selaku Inspektur Upacara Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman dengan pelaksana upacara dari DPD KNPI Kota Pariaman, dan sekretariat daerah Kota Pariaman. (J/amir)

google+

linkedin