BIJAKONLINE-“Hari Jum'at tanggal 21 Oktober 2016 gempabumi tektonik mengguncang wilayah Padang dan Pariaman. Hasil analisis BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 08:45:02 WIB dengan kekuatan M=4,5 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 1.83 LS dan 100.16 BT, pada kedalaman 10 km” Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di daerah Padang dan Pariaman dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau (II-III MMI).

Beberapa masyarakat telah melaporkan merasakan guncangan di Padang dan Pariaman. Terkait dengan peristiwa gempabumi Padang yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 10:30:00 WIB belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BMKG dan BPBD.

Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami. Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif mentawai. Analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu penyesaran mendatar. Mekanisme sumber ini sesuai dan relevan dengan kondisi sesar Mentawai yang memiliki pergerakan mendatar di kedalaman 10 km di daerah tersebut.

” Sesar Mentawai merupakan sesar aktif yang berlokasi di laut sekitar kepulauan Mentawai berjarak sekitar 150km dari pantai barat Sumateta yang memanjang dari pulau-pulau Mentawai dari Selatan hingga ke hingga ke sekitar Utara Nias.Historis gempabumi merusak yang pernah terjadi pada sesar aktif mentawai yang berdekatan pada lokasi tersebut yaitu gempabumi pada tanggal 13 September 2007 jam 06:49:04 dengan kekuatan M=7.7 yang menimbulkan kerusakan dan dirasakan di Padang, Painan, Pekanbaru, Sibolga dan Singkil sebesar IV MMI, Duri, Curup, Dumai, Jakarta, Pondok Aren, Singapura,Malaysia sebesar II-III MMI

Padang Panjang, 21 Oktober 2016


TTD
Rahmat Triyono, ST, Dipl.Seis, M.Sc
Kepala Stasiun Geofisika Klas I
Padang Panjang/Koordinator
BMKG Sumatera Barat

google+

linkedin