BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)-- Wakil Wali Kota Pariaman, Dr.H. Genius Umar, S.Sos, M. Si, mengatakan,  Kota Pariaman akan  menggelar iven Pariaman Internasional Triahtlon 2016. Rencana pelaksanaan tanggal  (5, 6/11/2016)  mendatang. 

Iven ini merupakan kali ketiganya yang diselenggarakan Kota Pariaman. Iven bertema sport tourism ini diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman. Hal ini disampaikan, Genius Umar  ketika membuka rapat koordinasi persiapan Pariaman Internasional Triathlon 2016 di ruang rapat walikota Kamis, (20/10/2016).

“Kita terus mematangkan persiapan untuk iven internasional ini, terutama pengamanan dan persiapan teknis lomba”. Lanjutnya. 

“Diharapkan semua elemen dari pemerintah maupun masyarakat ikut aktif demi suksesnya iven internasional ini”, terangnya.

Dalam jumpa persnya, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman Efendi Jamal mengatakan bahwa iven Pariaman Internasional Triathlon 2016 ini akan dipusatkan di Kawasan Pantai Cermin. “Pemerintah Kota Pariaman tetap menggandeng Federasi Triathlon Indonesia (FTI) sebagai organisasi resmi penyelenggara iven Triathlon di Indonesia” lanjutnya. 

Perwakilan FTI Zaki Badrudin menjelaskan bahwa triathlon merupakan olah raga baru di Indonesia, dan baru sejak tahun 2008 dilombakan pada olimpiade. Dalam paparannya Zaki mengatakan bahwa negara peserta Pariaman Internasional Triathlon 2016 yang telah mendaftar hingga hari ini sudah terdata dari lima belas negara dengan jumlah peserta 350 orang, kemungkinan jumlah ini akan bertambah hingga menjelang iven berlangsung. Pendaftaran peserta dilakukan secara online di  situs www.pariamantriathlon,com. 

“iven tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini para peserta menanggung sendiri biaya  pendaftaran termasuk semua akomodasi timnya. Sedangkan pada tahun tahun-tahun sebelumnya kita yang membaiyai mereka untuk bertanding ke sini. Artinya Iven Triathlon di Kota Pariaman sudah dilirik oleh peserta dari nasional dan internasional”, terangnya.

“Buktinya hingga saat ini sudah ada 15 negara yang mendaftar antara lain Jerman, New Zealand, Italia, Australia, Amerika Serikat, Spanyol, Belanda, Aljazair, Inggris, Malaysia, Singapura, Belanda, Taiwan, Austria, dan Indonesia.” Sambungnya.

Ivent ini juga menggratiskan lomba bagi peserta pelajar umur 13 sampai 18 tahun. Ini juga sekaligus sebagai ajang pancarian bakat atlit triathlon di Sumatera Barat, karena Sumbar telah melahirkan empat orang atlit yang sudah bersaing di tingkat Asia. 

Pariaman Internasional Triathlon 2016 ini akan menggelar perlombaan triatlon meliputi berenang, bersepeda dan lari, serta duathlon meliputi berlari, sepeda dan berlari. Iven ini juga terbagi ke dalam beberapa kelas, yakni kelas elit nasional, militer, umum, pelajar dan tim relay. 

Ivent yang berlangsung dua hari ini ditargetkan akan mendatangkan pengunjung sebanyak 5.000 orang. (eri/amir).

google+

linkedin