BIJAK ONLINE (Padang)-Sebagai mantan Ketua Harian KONI Sumbar, Kolonel (purn) Syahrial tak hanya memuji keberhasilan Kontingen Sumbar di PON XIX Jabar, tetapi juga mendukung  Plt KONI Sumbar, Syaiful SH Mhum, jika berminat maju menjadi Ketua Umum KONI Sumbar periode 2016-2020 mendatang.

"Jika Syaiful berminat jadi Ketua Umum KONI Sumbar, sebaiknya di dukung dan jadikan saja sebagai pernghargaan kepadanya dengan memilihnya jadi Ketua KONI Sumbar," kata Kolonel (purn) Syahrial ketika dihubungi melalui selulernya, 9 Oktober 2016.

Menurut Syahrial, dirinya akan berupaya menghubungi semua ketua KONI di daerah, agar memilih Syaiful menjadi Ketua KONI Sumbar periode mendatang. "Saya dengar informasi  dari beberapa pempinan cabor olahraga, Syaiful dalam beberapa bulan saja mampu berkomunikasi dengan pengprov, pelatih dan atlet secara terbuka dengan baik. Bahkan, sebagai Plt KONI Sumbar, Syaiful mampu bekerjasama dengan empat profesor dan beberapa pakar olahraga dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang," katanya.

Jadi, tak ada salahnya juga, kata Syahrial,  jika keberhasilan Syaiful sebagai Plt KONI Sumbar, diberikan amanah dan kepecayaan menjadi Ketua Umum KONI Sumbar, periode 2016-2020 medatang."Ambo waktu jadi ketua harian KONI Sumbar, sudah mengenal Syaiful dari cabang tinju dan dia itu setahu ambo selalu bekerja dalam pengabdianya serius dan bersungguh-sugguh," tambahnya.

Dulu, kata Syahrial, jabatan Ketua Harian KONI Sumbar diembannya, disaat itu prestasi olahraga Sumbar anjlok total di PON XIV Jawa Timur 2000 lalu. Waktu itu, posisi Sumbar di PON Jawa Timur, nomor buncit dengan nol medali emas. "Tapi berkat kerjasama dengan semua Pengprov Cabor, di PON XV 2004 di Palembang, kontingen Sumbar berhasil mendapatkan  6 medali emas, 19 perak dan 25 perunggu," katanya lagi.

Kini, kata Syahrial lagi, insan olahraga di Sumbar harus menjauhkan dunia olahaga dengan politik. Maksudnya, jangan sampai memilih sosok figur orang politik. "Kalau sampai memilih orang politik, saya yakin dunia olahraga Sumbar akan hancur, percayalah," tambahnya. (PRB)

google+

linkedin