BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)--Wakil Wali Kota Pariaman,Dr.H. Genius Umar, menerima penghargaan Satuan Lingkungan Hidup Daerah (SLHD). Penghargaan di Bidang Lingkungan Tingkat Provinsi Sumatera Barat ini diserahkan langsung Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Jumat, 17 Juni 2016, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur.

Pada kesempatan yang sama juga diserahkan penghargaan Adiwiyata kepada sekolah peduli lingkungan. Kabar baiknya beberapa sekolah asal Pariaman juga penerima penghargaan tersebut.

Penghargaan SLHD bagi bupati/walikota merupakan penghargaan bagi daerah yang menyusun buku status lingkungan hidup daerah terbaik. Kota Pariaman berada pada posisi ketiga di bawah Kabupaten Dhamasraya dan Kota Padang, sedangkan urutan keempat dan kelima di raih Kabupaten Agam dan Kota Padang Panjang.

Untuk kategori Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sumatera Barat diterima oleh SMAN 3 Pariaman, SDN 22 Manggung, SDN 03 Bungo Tanjuang dan SDN 05 Marabau.

Irwan Prayitno mengatakan bahwa peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) merupakan momentum penting dalam rangka kampanye penyelamatan bumi. Pada tahun 2016 mengangkat tema " Go Wild For Life" (selamatkan tumbuhan dan satwa liar untuk kehidupan).

Berdasarkan data IUCN, kata dia, tercatat 2 species satwa kategori punah, 66 species berkategori kritis dan 167 species kondisi genting di Indonesia.

"Banyak persoalan yang kita hadapi dalam keanekaragaman hayati, sebagian besar species diketahui menghadapi ancaman kepunahan karena kerusakan habitat dan perburuan," kata Irwan Prayitno membaca sambutan Menteri LHK RI.

Dia meneruskan, pemerintah telah menegaskan upaya perlindungan terhadap tumbuhan dan satwa liar (TSL) mencakup 127 species mamalia, 382 species burung, 31 species reptilia, 12 species palmae, 11 species raflesia dan 29 species orchidaleae.

"Permasalahan lingkungan hanya dapat diatasi dengan keterlibatan seluruh masyarakat. Masyarakat berada pada posisi sangat strategis, baik sebagai potensi sumber masalah yang dapat ditekan dan dikurangi juga sebagai potensi solusi yang harus didorong," kata dia.

Momen hari lingkungan hidup, menurutnya menjadi alarm tanda siaga untuk terus berupaya dan bekerja keras mengatasi berbagai masalah lingkungan dan kehutanan yang banyak, komplek dan rumit.

Atas penghargaan yang diterima, Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar mengapresiasi kinerja dari Badan Lingkungan Hidup Kota Pariaman juga sekolah yang mendapat Adiwiyata yang menandakan Kota Pariaman ramah lingkungan.

"Saya apresiasi dengan dinas terkait. Ke depan agar lebih ditingkatkan kepada yang lebih baik lagi," tuturnya. (amir)

google+

linkedin