BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)-Walikota Pariaman, Drs.H.Mukhlis Rahman, MM,  menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, sebagai  Nominator seleksi tahap kedua Nirwasita Tantra Award 2016 dari Mentri Lingkunagn Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan dari Siti Nurbaya itu, diantarkan langsung oleh rombongan dari Kabid Pengelolaan data Kementerian LHK RI yang dipimpin oleh Rita Zahara, diruang dinas Wali Kota Pariaman, Kamis, 23 Juni 2016.

Penghargaan ini diberikan kepada kepala daerah yang atas kepemimpinannya mengeluarkan kebijakan yang berwawasan lingkungan dan mendukung program Kota Hijau yang dicanangkan oleh pemerintah pusat, serta melengkapi data Satuan Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) dengan baik. Untuk wilayah Indonesia, hanya terpilih 12 Kota yang menerima penghargaan Nirwasita Tantra Award  ini untuk kali pertama diluncurkan oleh KLHK RI di tahun 2016.

“Untuk Sumatera Barat, Kategori Kota yang menerima penghargaan ini adalah Kota Pariaman dan Kota Padang, sedangkan untuk Kategori Kabupaten diterima oleh Kabupaten Dharmasraya. Sedangkan untuk Kategori Provinsi, Provinsi Sumatera Barat juga menerima penghargaan ini”, ungkap Rita Zahara.

Rita Zahara juga mengatakan agar Kota Pariaman dapat meningkatkan prestasinya menjadi yang terbaik pertama di tingkat nasional di tahun depan, karena Kota Pariaman sangat melengkapi kualifikasi yang ditetapkan oleh KLHK RI, dan Kota Pariaman sangat asri dan hijau, tuturnya.
Lebih lanjut ia mengatakan penilaian penghargaan ini dilakukan oleh Tim Independent yang terdiri dari orang-orang yang berkopeten dalam bidangnya yang dimulai secara langsung ke daerah yang yang dinilai secara mendadak. Dan tim ini mulai mengadakan penilaian dari bulan Maret – Juni, dan hasilnya yang kita dapatkan saat ini, tutupnya.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan penghargaan ini bukanlah hal yang utama yang pemerintah dan pribadi saya lakukan, karena yang lebih utama adalah menciptakan lingkungan yang bersih, sejuk, rindang dan hijau di Kota Pariaman terlepas dari hasil yang kita peroleh, ujarnya.

“Kami menyambut baik atas apresiasi yang telah Kementerian LHK berikan kepada Kota Pariaman, dan kedepan kita akan perbaiki dimana letak kelemahan kita dan akan terus kita genjot dan tingkatkan penghijauan dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ada, agar di tahun depan kita dapat meraih predikat terbaik”, tukasnya.

Mukhlis Rahman yang tamatan Sarjana Biologi dari Universitas Andalas (Unand) Padang ini juga menjelaskan bahwa Kota Pariaman saat ini juga sedang mengerjakan Taman Kota yang terdapat di Nagari Sikapak seluas 10 Hektare, yang sekaligus akan menjadi Hutan Kota dan tempat ecotourism baru nantinya di Kota Pariaman, harapnya.

Hadir juga pada penyerahan ini Sekdako Pariaman Armen dan Kepala BLH Kota Pariaman Syaiful Rizal. (j/amir)

google+

linkedin