BIJAK ONLINE (Padang)-Anggota DPRD Sumatera Barat Dapil 1 Kota Padang, Drs Apris MM sengaja menghadiri Musrenbang Kecamatan Kuranji, yang dilaksanakan di Kampus IAIN Lubuk Lintah, Selasa, 14 Februari 2017.

'Kawasan Kecamatan Kuranji sejak beberapa waktu terakhir ini sudah banyak dijadikan tempat pemukiman alternatif baru bagi warga Kota Padang," kata Apris rang sumando Kota Padang ini.

Menurut Apris, Kecamatan Kuranji dijadikan dasar pemilihan lokasi dengan berbagai pertimbangan dan perhitungan. "Salah satu kemungkinannya karena  daerah Kuranji dinilai aman, nyaman dari ancaman tsunami," kata alumnus Fakultas Dakwah IAIN Imam Bonjol Padang ini.

Sehubungan dengan tingginya minat masyarakat membangun perumahan di Kuranji, kata Apris, agar Pemerintah Kota Padang menata dan menertibkan izin mendirikan bangunan berdasarkan tata ruang. "Saya ingatkan, agar lahan yang ada tidak sembarang digunakan untuk mendirikan bangunan, sehingga menyalahi tata ruang dan peruntukan penggunaan lahan tersebut," kata alunus pasca S2 UNP ini. 

Bertitik tolak dengan pemikiran itu, kata Apris lagi, agar dalam kesempatan musrenbang  ini, hendaknya  perumusan perencanaan pembangunan Kuranji ke depan sangat tepat di rumuskan. "Saya berharap musrenbang ini berpedoman kepada tata ruang peruntukan Kecamatan Kuranji," tambah kader militan ormas Muhammadiyah ini.

Khusus menyikapi harapan Wako Padang H,  Mahyeldi yang mengjarapkan agar anggota DPRD Sumbar yang mewakili Dapil 1 Kota Padang,  Apris menyampaikan ada tiga  hal  yang akan dilakukannya  sebagai wakil rakyat Padang di dewan Sumbar.

Yang pertama, turut mengusulkan dan mengawal asirasi masyarakat Kuranji hingga sampai ke Musrenbang provinsi, dan kemudian bisa masuk dan dianggarkan di APBD Propvinsi Sumbar. "Kini, saya juga sebagai anggota Badan Anggaran," katanya.

Yang kedua, kata Apris, dirinya akan mengalokasikan dana pokok-pokok  pikiran sebagai anggota dewan untuk bisa membantu  dan membiayai beberapa aspirasi masyarakat untuk pembangunan jalan lingkung dan drainase di pemukiman mereka. "Yang ketiga, saya akan membantu  melalui dana pokir dalam bentuk hibah bansos untuk kegiatan sosial keagamaan yang diajukan masyarakat," kata politisi yang santun ini. (rel/PRB)

google+

linkedin