Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, memberikan kata sambutan pada acara Seminar Nasional Pengabdian, Workshop Penulisan Proposal Pengabdian Tahun 2017 yang bekerjasama dengan Universitas Ekasakti dan FlipMAS Wilayah Minangkabau, bertempat di di UNES di Auditorium Universitas Ekasakti Padang, Kamis, 23 Februari 2017.

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Pemerintah Kabupaten Solok menggelar Seminar Nasional Pengabdian, Workshop Penulisan Proposal Pengabdian Tahun 2017 yang bekerjasama dengan Universitas Ekasakti dan FlipMAS Wilayah Minangkabau, bertempat di di UNES di Auditorium Universitas Ekasakti Padang, Kamis, 23 Februari 2017. 
.
Acara seminar ini juga dihadiri oleh Gubernur Sumbar yang diwakili oleh kepala Kabalitbangda Provinsi Sumbar,  Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, Rektor Universitas Ekasakti, Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, SH, Ketua FW Minangkabau, Prof. Dr. Ir. Ellyza Nurdin, MS, Unsur Forkoimda Sumbar dan Ketua panitia pelaksana Dr. I Ketut budaraga, MS.

Dalam laporannya, Ketua panitia pelaksana, Dr. I Ketut budaraga, MS menyampaikan bahwa  acara seminar ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada semua yang hadir untuk bisa bertukar ilmu dan berdiskusi dalam kegiatan seminar nasional pengabdian, workshop penulisan proposal pengabdian tahun 2017 di UNES. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan FLipMAS Minangkabau ke 3 dengan tema ‘Membangun Kemandirian Masyarakat Dengan Aplikasi IPTEK Perguruan Tinggi Melalui Kolaborasi Para Dosen Pengabdi Professional Pendidik masyarakat’  yang akan dilaksanakan selama 3 hari. 

“Peserta seminar ini berasal dari kalangan dosen, peneliti yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia dengan tujuan untuk mempublikasikan kegiatan pengabdian masyarakat hasil implementasi iptek kepada masyarakat dan bertukar pengalaman antar PROdikMAS serta meningkatkan daya saing proposal pengabdian masyarakat tingkat regional dan nasional,” jelas Ketut Budaraga. 

Ditambahkannya, acara ini juga memperkuat kerja sama dengan stakeholder dan meningkatkan kemampuan identifikasi potensi dan permaslahan di masyarakat. Sementara yang akan bertindak sebagai narasumber adalah Prof.Dr.Irwan Prayitno,M.Sc, Gubernur Sumbar, Prof.Dr.Nurono Suwandi, yang merupakan Ketua FLipMas Pusat, Priyo Dwi Riyanto, Pertamina Pusat dan Prof.Dr.Elliza Nurdin,MS yang merupakan Ketua FlipMAS Minangkabau.

Ketua FLipMAS Wilayah Minangkabau, Prof. Dr. Ir. Ellyza Nurdin, MS dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun dan pelaksanaannya dilaksanakan dengan melakukan kerja sama dengan PTN/PTS secara bergulir. Tahun ini bekerjasama dengan LPPM UNES dan merupakan kegiatan ke-III . “FLipMAS  Wilayah (FW) Minagkabau merupakan organisasi niir laba yang terdiri dari dosen-dosen pengabdi dari PTN dan PTS seluruh Sumbar dan merupakan salah satu perpanjangan tangan dari FLipMAS Indonesia,” jelas Ellyza Nurdin. 

Dia juga menambahkan bahwa Misi FW Minangkabau mentraformasikan kemanfaatan eksistensi perguruan tinggi bangsa dan berperan sebagai fasilisator, penguat dan pemberdaya berupaya mengajak dosen untuk meningkatkan partisipasinga dan daya saing dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara Rektor UNES, Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema kegiatan ini adalah Membangun Kemandirian Masyarakat dengan Aplikasi IPTEK Perguruan tinggi Melalui Kolaborasi Dosen Pengabdi Profesional Pendidik Masyarakat. “Pengabdian pada masyarakat hakikatnya adalah implementasi dari hasil pengembangan Ilmu Pengetahuan, SAINS dan teknologi kalangan perguruan tinggi. Kegiatan ini berorientasi kepada pengembangan ilmu pengetahuan. Upaya untuk membantu dan bersama-sama masyarakat memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat,” terang Andi Mustari Pide. Kemudian tujuan acara ini juga sebagai bagian dari masyarakat regional kita tengah memasuki agenda ASEAN Economic Community atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan tujuan esensialnya memperkecil kesenjangan pertumbuhan ekonomi antara negara anggota ASEAN.

Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejak tahun 2015, FLipMas indonesia telah melaksanakan Program Bantuan Bina Lingkungan dengan konsep pembangunan kawasan ekonomi masyarakat (KEM) di nagari Tikalak, Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok.

“Nagari Tikalak mendapatkan kesempatan sebagai salah satu dari 5 Nagari di Provinsi Sumbar dan satu dari 45 Wilayah KEM di Indonesia yang memperoleh program pembangunan kawasan ekonomi masyarakat yang terlaksana berkat kerjasama FW Minangkabau dan PT. Pertamina tahun 2015-2016,” jelas Yulfadri Nurdin. 

Program ini menurut Yulfadri Nurdin juga bertujuan membantu pemerintah dalam percepatan peningkatan pembangunan perekonomian masyarakay yang dikhususkan untuk wilayah kategori desa miskin dan memiliki minimal 5 Ha lahan terlantar. 

Program KEM ini berupa kegiatan yang membangun kemandirian masyarakat agar dapat berjalan secara berkeseimbangan memberikan manfaat dalam maningkatkan perekonomian masyarakat. “Semoga melalui program KEM ini akan selaras dengan Visi Kabupaten Solok yaitu terwujudnya masyarakat yang maju dan mandiri menuju kehidupan masyarakat madani dalam nuansa Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,” jelas Yulfadri Nurdin (wandy)

google+

linkedin