BIJAK ONLINE (Padang)-Ketua Forum Peduli Olahraga dan Wisata, Esneti Spd MM, menyebutkan kalau lembaganya yang dipimpinnya sangat mendukung Program Mina Wisata yang digagas Menteri Kelautan dan Perikanan. Kenapa? Karena Program Mina Wisata sebagai pengembangan kegiatan perekonomian masyarakat dan wilayah yang berbasis pada pemanfaatan potensi sumberdaya kelautan, perikanan dan pariwisata secara terintegrasi pada wilayah pulau-pulau kecil.

"Minawisata (mina = perikanan, wisata = pariwisata) adalah pendekatan pengelolaan terpadu yang berbasis konservasi dengan menitikberatkan pada pengembangan perikanan dan pariwisata bahari," kata Esneti Spd MM kepada Tabloid Bijak, Senen, 20 Februari 2017.

Menurut Esneti, ada terdapat empat aktivitas pada kegiatan Minawisata, yaitu wisata mina; wisata konservasi dan pendidikan lingkungan; wisata bahari; dan wisata kuliner. "Wisata Mina berbasis perikanan dan kombinasinya dapat berupa pengembangan wisata budidiaya laut seperti melihat proses budidaya ikan, memberi makan ikan dan memanen ikan," katanya.

Kemudian, kata Esnenti, wisata konservasi dapat berupa ekowisata mangrove dan pendidikan konservasi. Wisata bahari sendiri dapat dilakukan adalah diving, wisata fotografi bawah air, berenang, snorkeling, wisata dan olahraga pantai, serta beach festival. Terakhir adalah wisata kuliner dapat dilakukan seperti kuliner perikanan dapat berupa menikmati beragam makanan produk perikanan, memasak sendiri ikan hasil tangkapan, mengamati dan praktek membuat makanan olahan dari ikan, rumput laut dan buah mangrove, misalnya: kerupuk ikan, manisan rumput laut, otak-otak, abon ikan, dan beragam makanan dari buah mangrove. "Kami sengaja melakuakan observasi ke Pantai Tiram Kabupaten Padang Pariaman untuk dibahas dan dikaji dengan tujuan pemanfaatna potensi Pantai Tiram sebagai objek wisata," kata pelaith dayung Sumbar ini.

Setelah melihat dan mengamati keindahan Pantai Tiram, banyak potensi yang bisa dimanfaatkan dan dikembangkan. "Di Pantai Tiram, kami dari Forum Peduli Olahraga dan Wisata juga akan mengembangkan olahraga air, seperti dayung, jet ski dan slalom termasuk cano untuk olaraga prestasi lainnya," kata Esneti lagi. (PRB)

google+

linkedin