Dirut Semen Padang, Ir.Benni Wendry, MM, menyerahkan bantuan CSR untuk Kabupapten Solok yang kepada LKKS Sumbar Ny. Nevi Irwan Prayitno untuk selanjutnya diserahkan kepada Ketua LKKS Kabupaten Solok, Ny. Desna Devi Gusmal, dengan disaksikan Bupati Solok, H. Gusmal dan unsur Forkopinda lainnya

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, hari Rabu (15/2), melaunching Sekolah Umum Berbasis Pesantren setingkat SMP di Kabupaten Solok, bertempat di Taman Hutan Kota Terpadu (THKT) Arosuka. 

Pada waktu yang bersamaan, juga dilakukan peluncuran Nagari Peduli Sehat Kabupaten Solok, dengan dihadiri oleh Ketua LKKS Prov Sumbar, Hj. Nevi Zu’airina Irwan Prayitno, Ketua LKKA Kab Solok, Ny. Desnadevi Gusmal,SH, Sekda Kabupaten Solok, Edisar, SH, M.Hum, Ketua Baznas Prov Sumbar, Prof. Syamsul Bahari Khatib, Dirut PT Semen Padang, Ir.Benni Wendry,MM, Kapolres Arosuka, AKBP Reh Ngenana SH, M.Si, Dandim 0309 Solok, Letkol. Irwan H, Kajari Solok, Aldiyansah, Anggota DPRD Provinsi Sumbar, M Algazali, Kepala Barenlitbang Kab Solok, H. Dusral, SE, MM, Kepala Dinas Pendidikan Kab Solok, Drs. Syahrul Efendi, MM, Kakanwil Kementrian Agama Prov Sumbar, diwakili oleh, Kabid Pakis Drs. H. Kardinal N, MM, Unsur FORKOPIMDA Kabupaten Solok, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD dan Kepala Bagian Dilingkup Daerah Kabupaten Solok, para Camat dan walinagari se-Kabupaten Solok serta seluruh undangan yang hadir. 

Kepala Barenlitbang Kabupaten Solok, H. Dusral, SE , MM, dalam laporannya menyampaikan bahwa saat ini seluruh SKPD telah mengajukan program unggulan dan pemerintah daerah telah menyetuui hal tersebut, sebagai prosesnya telah diberi pembekalan kepada aparatur terkait. Gebyar dan lounching icon pendidikan dan kesehatan dengan fasilitas internet bebas bayar tanpa dapat melakukan akses situs terlarang. 

“Hari ini juga diluncurkan Program Bantuan Jamban keluarga membantu proses percepatan penanganan kemiskinan di Kabupaten Solok,” terang H. Dusral. Mantan Kadis Pariwisata Kota Solok itu juga menyebutkan bahwa pada kesempatan ini juga akan dilselenggarakan Peraturan Bupati tentang pengaturan SMP berbasis pesantren di kabupaten Solok yang dana kegiatan ini berasal dari APBD kabupaten Solok yang berasal dari beberapa SKPD.

Ketua Baznas Prov Sumbar, Prof. Syamsul Bahri Khatib, dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa Tahun 2016 Baznas provinsi Sumatera Barat bisa mengumpulkan zakat sebanyak 90 M , di tahun ini dicanangkan 118 M semoga tercapai. “Semoga tahun ini, muzaki yang biasa berzakat tetap terus berzakat, dan yang belum mudah-mudahan bisa ikut berzakat dan diberikan rezki yang lebih oleh Allah, SWT, Baznas akan berupaya menigkatkan muzaki dan pendistribusian zakat dari muzaki tersebut. Kami bekerja sama dengan LKKS dalam penyaluran zakat ini

Baznas Provinsi sumatera barat sudah memulai sistim zakat online dan kami akan mengeluarkan NPWZ nya untuk pengeluaran dan pengelolaan zakat kedepannya Zakat ini berfungsi meminimalkan mustahik dan meningkatkan muzakinya,” terang Suamsul Bahri.

Dirut PT Semen Padang, Ir.Benni Wendry,MM, juga menyampaikan bahwa PT Semen Padang sangat mensuport kegiatan ini dengan menyumbang 5000 zak semen, yang kalau rupiahkan sekitar 300 juta untuk pembangunan 1000 di jamban sehat di Sumatera Barat melalui Program CSR. Sesuai dengan komitmen semen Padang mendukung perekonomian di sumbar yaitu melalui 4 pilar : 
1. Semen padang campin nagari, menjaga hubungan dengan nagari / stake holder dan manjaga citra perusahaan 2. Semen Padang pandai nagari yakni meningkatkan kualitas pendidikan dan anggaran untuk beasiswa pertahun adalah 1 M kurang lebih untuk kota Padang. 3. Semen Padang elok nagari yakni melestarikan lingkungan hidup, seperti menghijaukan daerah yang patut di hijaukan dan Semen padang paduli nagari. “Pilar yang kami lakukan kali ini adalah pilar paduli nagari yang mana semen padang ini ikut serta dalam pembuatan jamban sehat ini , agar dapat meningkatkan kesehatan masyarakat yang belum memiliki jamban sehat ini,” jelas Benni Wendry.

Ketua LKKS Prov Sumbar, Hj. Nevi Zu’airina Irwan Prayitno, juga menyampaikan ucapan terimakasih banyak bagi donatur untuk program pembangunan jamban sehat ini seperti 5000 zak semen dari PT. Semen Padang, 50 juta Baznas Kabupaten Solok dan 5000 buah batako dari PT Aqua. Penyerahan bantun pembangunan 100 buah jamban sehat, dan modal pengembangan usaha bagi keluarga kurang mampu di Kabupaten Solok sebagai salah satu bentuk realisasi program kerjasama antara LKKS dengan Baznas dan mitra kerja lainnya. “Program pengentasan kemiskinan tidak bisa di laksanakan sendiri oleh pemerintah daerah saja. Di Kabupaten Solok masih banyak rumah yang tidak memiliki jamban sehat, untuk itu saya berharap untuk pembangunan jamban ini,” jelas Ny. Nevi Zu’airina Irwan Prayitno.

Sedangkan Bupati, H. Gusmal, SE, MM, dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan hari ini adalah Lounching program SMP berbasis pesantren dan Nagari Sehat Kabupaten Solok kuat, Teknologi informasi dan penyerahan bantuan LKKS Provinsi Sumbar kepada masyarakat Kabupaten Solok. “Saya berharap pada hari ini cara kita dapat berjalan dengan lancar karena kami hari ini akan melounching sebuah program unggulan kabupaten solok sekolah umum berbasis pesantren, saya berkeinginan 66 sekolah umum di kabupaten solok berbasis pesantren dan untuk tahun 2017 dimulai 14 sekolah dan dicanangkan 1 sekolah disetiap kecamatan untuk tahap awal , hal ini bertujuan membangun akhlak , etika dan moral generasi penerus kita,” jelas H. Gusmal. 

Untuk itu, Bupati berharap Dinas pendidikan perlu kerja keras dan kerja cerdas, serta mencarikan guru-guru agama yang benar-benar mengerti agama dan memahami serta mendalami ilmu agama. “Kami juga melounching nagari sehat kabupaten solok kuat yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan di kabupaten Solok, kami juga berharap kepala dinas kesehatan harus kerja keras ,dan juga kami berharap agar juga mamantau tentang gizi masyarakat,” tegas H. Gusmal (wandy)



google+

linkedin