Bupati Solok, H. Gusmal memberi arahan, usai melaksanakan Shalat Subuh berjama’ah di Masjid Raya Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih dan sekaligus melaunching Proram Maghrib Mengajidan Shubuh Berjama’ah untuk Kecamatan Junjung Sirih.

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Keseriusan Bupati Solok untuk menjadikan masyarakat bumi penghasil bareh tanamo itu untuk menjadikan masyarakat yang Qur’ani, dibuktikan dengan seringnya Bupati pilihan rakyat tersebut mengunjungi masjid di nagari-nagari di Kabupaten Solok untuk melaksanakan subuh berjamaah dan maghrib mengaji.

Subuh Minggu pagi kemaren (19/2), Bupati Gusmal mendatangi Masjid Raya Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih untuk melaksanakan Shubuh berjamaah dengan masyarakat setempat. Kedatangan Bupati yang secara diam-diam ini, dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana masyarakat ikut mensukseskan program subuh berjama’ah dan maghrib mengaji di nagari-nagari. Tampak hadir bersama Bupati Solok untuk melaksanakan subuh berjama’ah antara lain Kakan kemenag Kabupaten Solok, Alizar Chan, M.Ag, Kasi RHL Balai Pengelolan DAS dan Hutan Lindung, Indragiri Rokan,  Supriyono, SP,  MM dan para Kepala OPD lingkup Pemerintahan Kabupaten Solok yang turut hadir, Camat Junjung Sirih, Herman, SH, S.Sos, Sekcam, Sukiman Agus,  Walinagari paninggahan, Yoserizal, S.Ag serta seluruh masyarakat Kecamatan Junjung Sirih yang hadir.

Usai melaksanakan Shalat Shubuh, Walinagari Paninggahan, Yoserizal, S.Ag dalam laporannya menyampaikan bahwa selama ini di nagari nagari kita banyak masjid yang di bangun tetapi jemaahnya tidak seberapa, oleh karena itu marilah kita bersama-sama  untuk meramaikan mesjid kembali. “Harapan kami kepada seluruh jema’ah yang hadir,  jangan hanya pada hari ini saja kita sholat subuh berjema’ah tetapi untuk hari mendatang  juga ramai hendaknya,” himbau Walinagari Yoserizal. Walinagari ini juga berharap bahwa dengan  kehadiran Bupati pada  kali ini menjadi awal yang baik bagi kita di Nagari Paninggahan ini khususnya. 

Dijelaskan Walinagari, pada kesempatan subuh ini, juga akan dilakukan penyerahan bantuan bibit produktif yang mana bibit tersebut berasal dari bantuan balai pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan hutan lindung , Kabupaten Indragiri Rokan yang nantik akan dilaksanakan penanaman secara simbolis oleh Bupati Solok. Bantuan bibit produktif dari Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Dan Hutan Lindung, sebanyak kurang lebih 1500 bibit yang terdiri dari pohon mangga, pohon durian, sirsak dan lain sebagainya.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya menyebutkan bahwa kita hadir pada pagi ini di Kecamatan Junjung Sirih dalam rangka memasyarakatkan serta launching program Subuh Berjema’ah dan Maghrib Al-Qur’an  di Junjung Sirih. “Harapan kami kedepannya, agar shalat Subuh ini selalu di laksanakan di masjid-masjid yang ada di nagari ini, kalau bisa tidak hanya shalat Subuh saja kita berjema;ah, akan tetapi ke 5 Shalat wajib itu kita laksanakan secara berjema’ah, Sholat berjemaah ini juga melambangkan kebersamaan kita di masyarakat,” terang Bupati Gusmal.

Dijelaskan Bupati, tugas Walinagari, Camat, KAN dan BMN untuk membuat Peraturan Nagari (Perna) tentang baca Al-quran ini, serta kepada tokoh masyarakat, alim ulama dan niniak mamak untuk dapat mengawal mengawal masyarakatnya. “Kepada kepala SKPD nantik kalau ada penyerahana-penyerahan bantuan, akan kita serahkan setelah sholat subuh, ini juga sebagai salah satu pemancing agar masyarakat kita rajin sholat subuh ke masjid seperti pada hari ini kita akan ada penyerahan bantuan bibit oleh Balai Pengelolan Daerah Aliran Sungai,” terang H. Gusmal (wandy)

google+

linkedin