BIJAK ONLINE (Padang)-Tampaknya, aktivitas di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman pada, Jum'at, 24 Februari 2017 dari  pagi hingga sore terlihat sunyi.
Berdasarkan pantauan Tabloid Bijak ONLINE,  di Gedung DPRD Pasaman yang lokasinya berada di depan Jalan Jendral Sudirman tersebut, tak satu pun dari 35 wakil rakyat di Ranah Pasaman berkantor.

Di gedung rakyat tersebut, terlihat hanya ada sejumlah staf yang duduk santai dan satpol PP yang menjaga di pos penjagaan pintu masuk gedung.

Ketua DPRD Pasaman, Yasri yang dikonfirmasi melalui phonselnya, Kamis (23/2) mengatakan, 34 anggota DPRD Pasaman mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Jayakarta Jakarta.

Dari 35 orang jumlah anggota DPRD Pasaman, hanya saya yang tidak bisa hadir untuk mengikuti Bimtek. Dan saya izin karena tidak bisa mengikuti Bimtek," katanya .

Kata Yasri, bimteknya berlangsung selama lima hari mulai Jum'at hingga Selasa tanggal 24-28 Februari 2017 di Hotel Jayakarta Jakarta.

Sementara itu, Kabag Persidangan, Hasan Basri pada Bijak Online menyebutkan, tujuan bimtek yang di ikuti anggota DPRD Pasaman dalam rangka peningkatan kapasitas anggota DPRD sesuai Permendagri Nomor 57 tahun 2011 beserta perubahannya Permendagri Nomor 34 tahun 2013 tentang orientasi dan pendalaman tugas anggota anggota DPRD, serta demi tuntutan peran dan fungsinya.

"Bimtek ini bertujuan menambah wawasan anggota DPRD terkait tugas anggota DPRD yang mempunyai fungsi legislasi penganggaran dan pengawasan," ujar Hasan Basri.

Kata Hasan Basri, pelaksanaan Bimbingan Teknis tersebut bertemakan "Optimalisasi pengawasan DPRD terhadap laporan keuangan pemerintah daerah dan laporan keterangan pertanggungjawaban KDH,".

Dia menambahkan, pemateri dalam kegiatan Bimtek tersebut diantaranya dari Dirjen Keuangan, dan BPK RI. (ZaN)

google+

linkedin