BIJAK ONLINE (Pasaman)-Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama ikut menghadiri acara pembukaan pengambilan ikan larang di Jorong Taluak Ambun Nagari Pauh, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Minggu, 26 Februari, 2017.

Ikan larangan milik pemuda dan masyarakat tersebut,  sudah berumur sekitar tiga tahun dan memang sudah seharusnya untuk diambil dan kemudian hasilnya dinikmati oleh masyarakat dan selanjutnya, bibit ikan dimasukan lagi yang baru. 
Jenis ikan yang banyak di dalam sugai tersebut, jenis ikan gariang yang bagi masyarakat Pasaman, ikan terswbut termasuk ikan yang disenangi untuk dinikmati, karena rasanya yang gurih dan lezat.

Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama menyambut baik tradisi masyarakat yang membuat pola ikan larangan. "Ikan gariang, termasuk jenis ikan yang enak dan saya termasuk yang menyukai ikan gariang," kata Atos.

Kemudian, Atos Pratama meminta masyarakat untuk mentaati ikan larangan dan jangan sampai mencemari air sungai dengan limbah yang merusak pertumbuhan ikan dalam sungai larangan. "Jangan sampai ada masyarakat yang kerjanya membunuh anak ikan dengan cara mengambil ikan dengan menggunakan aliran listrik," ujarnya. (zan)

google+

linkedin