BIJAK ONLINE (Pasaman)-Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratma meresmikan Kantor Walinagari Durian Tinggi Kecamatan Lubuk Sikaping yang dibangun di atas tanah aset nagari, di Jorong Kampung Taji, Selasa, 21 Februari, 2017.

"Saya merasa bangga dan berterima kasih kepada perangkat nagari yang telah sukses dalam menjalankan programnya," kata Wabup Atos Pratama.

Mudah-mudahan, kata Atos,  dengan didirikannya gedung yang megah ini seluruh perangkat nagari bisa betah, bersemangat, dan terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. 'Kantornya bagus, pelayanannya juga harus bagus," katanya.

Kemudian, kata Atos, mengenai adanya aspirasi dari masyarakat dan niniak mamak untuk diberikan kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN), akan diprioritas untuk dibangun.  "Saya berjanji, dalam satu tahun ini, pembangunan kantor KAN atau LKAM bakal kami prioritaskan" tutup wabup pasaman  Atos Pratama

Sementara Walinagari Durian Tinggi, Fahrizal   menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih kepada pemerintah Pasaman yang telah membangun kantornya. "Kantor Walainagari Durian Tinggi ini melana biaya sekitar Rp 519 juta yang sumber dananya dari APBD Kabupaten Pasaman 2016," katanya.

Pembangunaan kantor ini, kata Fahrizal, sebagai bentuk tuk keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman dan DPRD Pasaman dalam membangun nagari yang ada di daerah ini. "Sebagai perangkat pemerintahan nagari, kami pastikan bakal bersinergi untuk membangun nagari demi terwujudnya daerah yang maju dan sejahtera masyarakatnya," kata Fahrizal.

Selain kantor walinagari, lanjut Fahrizal,  dalam waktu dekat, di nagari ini juga bakal dibangun sebuah sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berdekatan letaknya dengan kantor wali. "Ini merupakan seperangkat pembangunan yang kita lakukan untuk masyarakat di nagari Durian Tinggi," kata Fahrizal didampingi, Camat Lubuk Sikaping, Mardianto.
Terkait program kerja pemerintahan nagari, Fahrizal mengaku sudah menyiapkan segudang program kerja, mulai dari program peduli terhadap kesehatan, pendidikan, hingga kesejahteraan masyarakat.

 Selain program kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan masyarakat, Nagari Durian Tinggi juga bakal menghidupkan kembali nilai adat istiadat dan budaya di nagari ini. "Melalui kegiatan adat maupun budaya di nagari, bermanfaat membentuk karakter anak nagari atau masyarakat nagari," tuturnya.
.
Sementara  Ketua Karapatan Adat Nagari (KAN) Durian tinggi dalam kesempatan Ini juga berharap, dengan adanya pembangunan di nagari ini mudah mudahan nagari ini setara dengan nagari nagari yang ada di sumbar. (Zan)

google+

linkedin