BIJAK ONLINE (Pasaman)-Bupati Pasaman, Yusuf Lubis memuji masyarakatnya yang tertib dalam berlalu lintas, yang di buktikan dengan keberhasilan Pasaman empat tahun berturut turut meraih Piala Wahana Tata Nugraha sejak 2012 sampai 2016.

"Piala WTN ini ada lah yang tertinggi di bidang lalu lintas dan angkutan jalan. Saya sangat bangga upaya yang dilakukan semua pihak dalam membangun dan mewujudkan budaya keselamatan, ketertiban dan kenyamanan berlalu lintas," kata Bupati Pasaman, Yusuf Lubis yang didamping Wakilnya, Atos Pratama.

Menurut Yusuf Lubis, meningkatkan kinerja penyelenggaraan transportasi perkotaan yang meliputi aspek sarana, prasarana, lalu lintas serta pelayanan perizinan di bidang transportasi darat di Kabupaten Pasaman."Kerberhasilan ini, tak hanya dibanggakan, tetapi harus dibudayakan dan dipertahankan,” kata Bupati Yusuf.

Kemudian, kata Yusuf Lubis lagi, penataan trotoar, kelengkapan rambu-rambu jalan dan masyarakat yang patuh dan taat dengan aturan berlalu lintas menjadi penentu keberhasilan Pasaman mendapatkan Piala WTN. 

Semenara Wakil Buoati Pasaman, Atos Pratama  menyebutkan, Pasaman saat ini termasuk salah kabupaten yang paling peduli dengan aturan berlalu lintas. "Sosialisi kepada  masyarakat untuk patuh berlalu lintas terus dilakukan melalui instansi-instansi terkait, termasuk jajaran Polres Pasaman dan Dinas Perhubungan Pasaman.

“Saya turut menyampaikan penghargaan kepada Kapolres Pasaman beserta jajaran Satlantas yang terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan sekolah-sekolah serta telah berperan aktif menjaga ketertiban ber-lalulintas di wilayah ini,” sebut Atos.

Kedepan, kata Atos Pratama, penghargaan Piala WTN ini, harus menjadi pendorong  motivasi masyarakat untuk untuk dapat lebih meningkatkan kesedaran berlalulintas, serta peningkatan lebih lanjut dalam hal infrastruktur

 Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman, Asril Amir menjelaskan, Pasaman memperoleh penghargaan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia NO. 588 Tahun 2016, dalam SK tersebut disebutkan Kabupaten Pasaman mendapatkan Piala WTN kategori kota kecil bidang lalu lintas.

"Saat ini Kabupaten Pasaman kembali meraih Piala WTN untuk yang ke lima kalinya, hasil kerja keras seluruh instansi terkait dan masyarakat Kabupaten Pasaman," kata Asril Amir.

Asril Amir menyebutkan, prestasi WTN yang di raih Pasaman ini merupakan berkat kerjasama dari semua unsur terkait, baik dari Pemkab Pasaman, Polres, Organda dan seluruh lapisan masyarakat.

Menurutnya, ‎keikutsertaan Kota Lubuk Sikaping dalam penilaian lomba WTN adalah untuk yang ke-10 kalinya dengan perolehan nilai, lima mendapat plakat dan lima kali mendapat piala dengan kategori tertib berlalu lintas‎, yaitu pada tahun 2012, 2013, 2014, 2015 dan terakhir 2016.

Lebih lanjut, Wakapolres Pasaman Kompol Efdar Roza didampingi Kasatlantas Iptu  Fion Joni Hayes berharap, dengan diraihnya piala WTN 2016, kepada masyarakat Kabupaten Pasaman dihimbau agar dapat menjaga tata tertib berlalu lintas dengan mematuhi aturan rambu-rambu lalu lintas, sekaligus pengendara melengkapi kelengkapan dalam berkendara seperi mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM), membawa STNK, dan mematuhi aturan lainnya. (zan)

google+

linkedin