BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)— Oktora Roberto dari SMKN 3 Pariaman dan Putri Nola Ansaraini dari SMKN 2 Pariaman,terpilih sebagai Duta Genre tahun 2017 Kota Pariaman. Untuk Putra, Wakil I diraih Yoga Afandi dari SMKN 2 Pariaman dan Wakil I Putri Ridhatul Aulra P dari SMAN 1 Pariaman, sedangkan Wakil II Putra Alfunosan Kiddin dari SMAN 1 Pariaman dan Wakil II Putri Nilam Surya N dari SMKN 3 Pariaman. 

Kota Pariaman, pertama di Sumatera Barat yang telah menggelar Grand Final Duta Genre tahun 2017, semoga hal ini menunjukan Kota Pariaman serius dalam memajukan remaja Generasi Berencana, pada  setiap sendi kehidupan .

Hal ini disampaikan Wali Kota Pariaman, Drs.H. Mukhlis Rahman, MM  ketika membuka acara Grand Final pemilihan "Duta Genre" Kota Pariaman tahun 2017, bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Sabtu (11/2/2017) malam. 

Duta Genre (Generasi Berencana) dilakukan bertujuan agar generasi muda dapat memahami dan meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilakunya ke arah yang positif, dalam pengembangan diri, serta mempunyai karakter dan berintegritas baik di kalangan remaja/mahasiswa, dan di sekolah/kampus, maupun masyarakat, dalam mempromosikan program Genre, ujar wako. 

"Diharapkan para Duta Genre yang lolos pada seleksi ini, dapat memberikan kontribusi yang positif dan memberikan manfaat yang besar untuk pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama penyebarluasan informasi tentang program genre bagi generasi muda kota pariaman," pungkasnya. 

Kita menyadari tantangan yang sangat besar dialami oleh para remaja kita saat ini, terutama terjadinya kemerosotan moral generasi di segala bidang kehidupan, mulai dari perilaku berisiko dan menyimpang, seperti Narkoba, minum-minuman keras, pergaulan bebas, remaja putus sekolah dan LGBT, ungkapnya.

"Karena itu, pemerintah kota pariaman dalam mengantisipasi kemerosotan moral tersebut membuat program Magrib mengaji dan Jam wajib belajar dari jam 18.30-20.30, dengan harapan para remaja berada dirumah dan di mesjid pada jam tersebut, sehingga keneradaan mereka dapat kita awasi, karena anak bukan hanya tanggung jawab orangtuanya saja, tetapi tanggung jawab kita bersama," tutupnya.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Definal menjelaskan rangkaian kegiatan Duta Genre ini dimulai dengan menggelar Roadshow dan sosialisasi di sekolah dan kampus di Kota Pariaman dari tanggal  23 Januari sampai 3 februari, sekaligus dibukanya Tahap pendaftaran. Tanggal 6 Februari Technical Meeting, sesi wawancara dan seleksi 20 besar 7 februari dan pembekalan peserta 20 besar dan karantina 10-11 gebruari, serta Grand Final pada malam tanggal 11 februari, urainya.

"Peserta yang mendaftar 49 peserta, namun yang mengikuti sesi wawancara dan pemilihan 20 besar diikuti sebanyak 32 peserta dengan rincian 9 putra dan 23 putri," ucapnya.

Hadir BKKBN Provinsi Sumbar Muzardi, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman John Edwar, Anggota DPRD, Sekretaris Daerah Indra Sakti, Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny. Reni Mukhlis, Ketua DWP Kartini Indra, Assisten, staf ahli, Kepala SOPD, Kabag, Camat, serta para panitia dan peserta dan keluarga peserta yang memenuhi aula balaikota pariaman. (J/amir)

google+

linkedin